Bunda, Ini 4 Tips Menarik Mengatasi Anak Takut Gelap

Avatar of PortalMadura.Com
Bunda, Ini 4 Tips Menarik Mengatasi Anak Takut Gelap
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebiasaan anak untuk tidur di kamar sendiri dapat orangtua latih semenjak usia dini. Namun, terkadang beberapa anak justru takut ketika tidur di kamar sendiri. Salah satu alasannya, yaitu karena takut gelap.

Anak takut gelap merupakan hal yang wajar, apalagi semua hal di dunia ini baru baginya, dan ketika matanya tidak bisa menangkap gambar apa-apa, mereka akan merasa tidak aman dan tidak nyaman.

Bahkan, jika anak-anak Anda sangat cerdas dalam berimajinasi, dan kegelapan adalah salah satu lahan imajinasi yang menakutkan. Lalu, bagaimana caranya agar anak tidak takut gelap?.

Berikut empat cara mengajarkan anak agar tidak takut gelap :

Kurangi Pencahayaan secara Bertahap
Anak-anak takut gelap karena tidak terbiasa dengan keadaan tanpa cahaya. Orangtua bisa membiasakan hal ini di rumah agar anak familiar dengan keadaan gelap atau kurang cahaya.

Misalnya, mematikan lampu ruangan yang tidak terpakai. Mematikan lampu kamar, namun tidak menutup pintu sepenuhnya sehingga masih ada cahaya dari luar yang masuk, dan lain sebagainya.

Berikan Senter
Ketika anak masih takut dan mengatakan akan ada hantu dan lainnya, buat ia jadi pribadi yang berani dengan memberinya senter. Senter sama fungsinya dengan senjata, jadi ia tidak perlu takut.

Lakukan permainan seru menggunakan senter atau lilin di ruangan gelap seperti gerakan tangan dan lainnya. Ketika anak memiliki memori baik tentang kegelapan, ia tak akan terlalu takut lagi dengan kegelapan.

Temani Tidur dalam Kamar yang Gelap
Untuk anak yang benar-benar paranoid, cara paling dasar yaitu dengan membiasakan menemaninya tidur di kamar. Ia akan merasa aman dan nyaman ketika ibu ada bersamanya. Perlahan, menjauhlah.

Misalnya menemani tidur hingga ia tidur, memberinya boneka untuk teman tidur dalam gelap dan lainnya. Oh iya, jangan membuat kamarnya gelap total, biarkan tetap ada cahaya masuk sehingga ia tidak takut.

Ceritakan Hal Menarik Sebelum Tidur
Bunda bisa memberikan dongeng sebelum tidur yang menarik dan lucu saat gelap. Bisa juga menjelaskan tentang bintang-bintang di langit atau yang lainnya.

Membangun mood baik sebelum tidur sedikit banyak mampu membuat anak tenang dan lupa dengan suasana gelap.

Bukan anak-anak saja yang sering takut gelap, bahkan sebagian orang dewasa juga ada yang takut gelap. Nah, agar anak-anak tidak tumbuh jadi orang dewasa yang tetap takut dengan gelap, cara di atas bisa Anda terapkan. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.