Bunda, Ini 5 Cara Efektif Dampingi Anak yang Sedang Lalui Masa Puber

Avatar of PortalMadura.Com
Bunda, Ini 5 Cara Efektif Dampingi Anak yang Sedang Lalui Masa Puber
ilustrasi

PortalMadura.Com – Masa puber tentu bisa menciptakan kesulitan pada anak serta seluruh keluarga. Sebab, saat anak menjalani periode perubahan tersebut dalam hidup mereka, mereka dapat menjadi lebih emosi, mengalami perubahan jasmani, dan terpengaruh oleh hormon.

Maka dari itu, saat dalam kondisi seperti ini, orangtua sebaiknya selalu meluangkan waktu untuk lebih perhatian dan komunikasi khusus. Ada beberapa cara untuk menemani anak-anak Anda di masa puber.

Berikut lima cara menghadapi anak yang sedang melalui masa puber:

Be A Good Listener
Jadilah pendengar yang baik. Dengarkan sampai tuntas tanpa Anda perlu menjawab. Terkadang, mereka hanya ingin dipahami dengan didengarkan saja.

Saat Anda mulai menjadi pendengar yang baik, biasanya akan membuat Anda menjadi lebih dekat dan bisa menjadi sahabatnya.

Menjadi Contoh yang Baik
Saat mereka melakukan kesalahan, itu menjadi tanggung jawab Anda. Bukan tugas Anda untuk memarahi atau ‘membetulkannya’. Namun, jadilah seorang ‘good advisor‘ serta berikan contoh lewat diri Anda sendiri dan mereka akan mengikuti.

No Judge, No Angry
Lingkungan itu sendiri, menjadi lahan yang cukup menantang bagi seorang remaja seperti dia. Jangan menjadi sosok yang menghakimi atau memarahinya. Ajari dia menjadi bertanggung jawab atas keputusannya dan tegur dengan tegas apabila dia melewati batas.

Let Her Deal in Her Own Way
Anak remaja memiliki kecenderungan untuk mencoba dan mulai mengatasi masalahnya. Sesekali waktu, biarkan ia menyelesaikan masalahnya sendiri. Memberikan kepercayaan pada mereka bisa membuat mereka merasa didukung dan memiliki keluarga.

No Perfect
Kasih sayang pada anak yang sesungguhnya adalah menerima mereka dengan kelebihan dan kekurangannya. Ajari mereka untuk menemukan kebahagiaannya, bersenang-senang dengan sehat, belajar dari kesalahan dan stay humble (tetap rendah hati).

Jangan terlalu serius pada kehidupan, karena hidup yang baik bukan hidup yang lurus-lurus saja. Melainkan hidup yang bisa mengimbangi dinamika.

Sebagai orangtua yang cerdas, tentu Anda bisa mendampingi remaja Anda dengan Baik. Apalagi setiap remaja memiliki persoalan yang berbeda-beda. Untuk itu, jadikan Anda sebagai sahabat pertumbuhan mereka. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.