Bunda, Ini 8 Penyebab Anak Lambat Bicara yang Harus Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini 8 Penyebab Anak Lambat Bicara yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Dunia anak memang susah-susah gampang diikuti. Bagi orang tua, mempunyai anak yang cerdas menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi melihatnya yang mulai berbicara sepatah atau dua patah kata pada usia 18 bulan, tentu akan membuat orang tua merasa gemas dan bahagia.

Namun tidak semua anak bisa langsung berbicara dengan mudah. Ada sebagian anak yang justru kesulitan atau terlambat bicara pada usia 2 tahun bahkan 3 tahun. Apabila hal ini terjadi, ada banyak orang yang mengira-ngira penyebabnya sehingga berujung pada anggapan tidak pasti.

Nah, daripada mengira-ngira apa yang salah pada buah hati Anda, berikut faktor penyebab anak lambat berbicara:

Kurang Stimulasi dari Orang Tua
Jangan hanya mengandalkan kehangatan dekapan Anda kepada anak, mengajaknya bernyanyi, atau mengulang-ulang beberapa kata dan metode lain agar anak aktif merupakan stimulus terbaik sehingga anak tidak terhambat proses bicaranya.

Masalah Oral-Moto
Anak terlambat bicara bisa disebabkan karena kelainan pada mulut anak (oral motor), seperti gangguan langit-langit mulut serta lidah terlalu pendek yang berbuntut pada terhambatnya gerakan lidah untuk menghasilkan kata.

Gangguan Pendengaran
Mengapa ahli patologis melakukan tes pendengaran terlebih dahulu saat memeriksa anak?. Hal ini karena gangguan pendengaran menjadi salah satu faktor yang bisa membuat anak lambat berbicara.

Gangguan Pengolahan Auditori
Gangguan ini memang menyangkut pada pendengaran, namun berbeda konteks. Gangguan pengolahan auditori adalah sebuah gangguan yang menyebabkan anak sulit memahami apa yang ia dengar. Akibatnya anak juga mengalami kesulitan dan keterlambatan bicara.

Gangguan Neurologis
Gangguan neurologis pada anak dapat menjadi salah satu penyebab lambat bicara. Gangguan neurologis seperti cerebral palsy, distrofi otot, maupun cedera otak dapat mempengaruhi otot-otot yang diperlukan untuk berbicara sehingga anak akan mengalami kesulitan berbicara.

Pilihan Mainan yang Tepat
Pada saat ini memang era dimana manusia lebih memprioritaskan gadget atau gawai (alat elektronik) sebagai hiburan diri. Dampak pemakaian gawai yang sering akan dirasa buruk pada orang dewasa, apalagi untuk konsumsi anak-anak. Jadi, alih-alih memberikan gadget agar praktis membuat anak anteng tapi memiliki dampak buruk. Lebih baik kenalkan dengan mainan tradisional. Selain menjadi kebudayaan hal ini terbukti oleh penelitian mencipatakan komunikasi yang baik antara ayah, ibu dan anak.

Respon Orang Tua Terlalu Cepat
Kecepatan dan tanggapan Anda kadang membuat anak menjadi lambat berbicara. Contohnya, saat anak mengangkat tangan dan akan bilang mau mainan yang ada di dekat Anda, buru-buru Anda sediakan untuknya. Hal ini membuat ia tidak pernah diberi kesempatan untuk berbicara sendiri dan menyampaikan sesuatu.

Autisme
Gangguan terlambat bicara pada anak kemungkinan disebabkan adanya gangguan perkembangan spektrum autis atau gangguan konsentrasi/hiperaktivitas, saat seperti ini peran Anda sangatlah penting. Konsultasikan ke dokter agar dapat metode yang tepat untuk pola asuhnya.

Anak adalah titipan Allah yang berharga dan tidak sembarang Allah memberikannya, selalu sayangi dan lindungi mereka agar tumbuh menjadi manusia yang cerdas serta saleh dan saleha. Semoga bermanfaat. (ummi-online.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.