PortalMadura.com

Bunda, Yuk Ajarkan Si Kecil Mandi Sendiri

  • Sabtu, 3 September 2016 | 07:00
Bunda, Yuk Ajarkan Si Kecil Mandi Sendiri
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Memandikan si Kecil merupakan tugas yang menyenangkan untuk Bunda. Melihat anak bermain dengan air dan sabun akan menciptakan kebahagian tersendiri. Namun Bunda juga harus mulai membiasakannya untuk mandi sendiri sejak dini.

Berikut ini tips mengajarkan anak cepat bisa mandi sendiri.

Orangtua harus percaya

Anak-anak tahu bagaimana mengerjakan suatu tugas bila diberi kepercayaan. Jika anak tidak tahu cara mandi yang benar mereka akan cemas bila mengerjakan di bawah istruksi orangtua.

Alhasil anak tidak nyaman mengerjakannya. Untuk itu, orangtua tak perlu melakukan banyak pengawasan agar anak lebih rela dan enjoy mengerjakannya.

Beritahu saja langkah-langkah mandi yang benar dan biarkan anak menyelesaikan. Setelah itu beri pujian dari hasil kerja mereka. Dengan begitu anak akan berupaya melakukan yang lebih baik dan meningkatkan kemampuannya.

Koreksi dan saran

Bantu anak mengetahui kebutuhan keterampilan yang harus mereka miliki untuk membersihakn tubuh saat mandi. Anak harus siap dikoreksi bila mereka salah dalam membersihkan tubuh saat mandi.

Said Abdullah

Pada dasarnya tak ada trik khusus untuk mengajarkan anak mandi. Terpenting bagaimana orangtua menerapkan formula yang benar untuk mempersiapkan anak belajar memerintah diri sendiri dan menerapkan pekerjaan dengan baik.

Konsekuensi positif

Semua orang belajar memerintah sendiri dengan mengamati hukum sebab-akibat. Seringkali orangtua mengajarkan anak dengan konsekuensi negatif untuk mencegah anak dari kesalahan. Jika orangtua melakukan ini, anak hanya akan dihantui rasa takut.

Untuk itu, ciptakan keseimbangan yang positif. Jika orangtua terbiasa memuji anak maka mereka akan merasa lebih bertanggung jawab dan melihat efek positif dari pekerjaan mereka.

Hal ini menciptakan sistem mencari konsekuensi positif bukan hanya menghindari yang negatif. Ini adalah sistem yang membuat rumah lebih positif dan damai. Saat mandi misalnya, beritahu anak tentang keuntungan bila mereka bisa mendiri sendiri. Seperti, tubuh menjadi bersih, sehat dan anak lebih terlihat cantik atau tampan. (okezone.com/choir)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional