Busyro : Harus ada Kebersamaan dan Penguatan dalam Membangun Pemerintahan Desa

Avatar of PortalMadura.Com
Pembinaan Kepala Desa
Pembinaan Kepala Desa

PortalMadura.Com, – Melalui Pembinaan bagi para Kepala Desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur diharapkan dapat menjadikan sebuah penguatan pemerintahan desa. Hal tersebut dilakukan untuk mengarahkan para Kepala Desa agar memiliki persepsi yang sama dalam membangun desanya.

“Jadi, semua Kepala Desa harus ada kebersamaan, jika ada desa ada yang kurang bagus bisa diwacanakan, di dialokkan, sehingga Kepala Desa tidak sendiri dalam membangun desa,” tegas Bupati Sumenep, A. pada pembukaan 2014 di salah satu hotel Jalan Trunojoyo Sumenep, Senin (15/9/2014).

Dikatakan Busyro, jika Kepala Desa tidak hanya membangun desanya sendiri, namun bisa menoleh ke desa-desa yang lain agar semua desa bisa sama-sama maju. Jika ada desa yang memiliki masalah tidak hanya dipecahkan sendiri. Tetapi, bisa bersama-sama desa lainnya dalam memecahkan persoalan yang terjadi.

Apalagi dengan adanya Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 ini, banyak hal yang bisa dilaksanakan di desa. Dengan berbagai program yang langsung dikucurkan ke desa. Sehingga harus ada peningkatan sumberdaya manusia secara terus menerus.

Sementara Kepala Bagian Pemerintahan, Moh. Ramli menjelaskan, kegiatan pembinaan kepada Kepala Desa di Kabupaten Sumenep Tahun 2014 ini akan dilaksanakan kepada 134 Kepala Desa baru hasil Pilkades 2013 lalu. Dengan 2 angkatan, untuk angkatan pertama 67 Kepala Desa dan angkatan kedua juga 67 Kepala Desa.

Dijelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk peningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa, khusunya dalam memberikan keterampilan dan peningkatan kemanpuan bagi Kepala Desa. Disamping kegiatan pembinaan yang telah dilakukan kepada para perangkat desa serta BPD sebelumnya.

“Melalui pembinaan Kepala Desa diharapkan adanya perubahan pola pikir, eksistensi, sikap dan mainset para Kepala Desa sebagai pemegang ujung tombak pemerintahan di desa,” pungkasnya.(en/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.