Cabai Impor Beredar di Sumenep Aman Dikonsumsi

Avatar of PortalMadura.Com
Cabai Impor Beredar di Sumenep Aman Dikonsumsi
Ilustrasi dok. kompas

PortalMadura.Com, – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyatakan cabai kering impor yang beredar di sejumlah pasar tradisional setempat aman dikonsumsi.

“Sesuai hasil koordinasi kami dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Surabaya, yang beredar di Jawa Timur termasuk Sumenep negatif atau aman dikonsumsi,” jelas Kabid Perdagangan, , Sukaris Z, Selasa (28/2/2017).

Menurutnya, cabai impor itu berasal dari negara China dan India. Sedangkan masuknya ke Jawa Timur sudah melalui proses legal, karena pemerintah Propinsi Jatim membolehkan selama terjadi tingginya harga cabai di Jatim ini.

“Kami juga koordinasi dengan Pemprov, ternyata cabai impor itu masuk melalui jalur legal,” ucapnya.

Hasil penelusuran dibawah, para pedagang Sumenep memperoleh cabai impor itu dari Surabaya. Jumlahnya memang tidak terlalu banyak, hanya sekitar 5-20 kg dimasing-masing pedagang.

“Untuk dipasar Anom Baru, pedagang cabai itu hanya kisaran lima orang, sedangkan di pasar Bangkal lebih sedikit dari itu,” tegasnya.

Harga cabai impor itu dijual lebih murah dibanding cabal lokal yang mencapai Rp 140 ribu per kg, sedangkan cabai impor hanya Rp 70 ribu per kg.

“Kami berharap, konsumen tidak resah dengan masuknya cabai impor itu karena aman untuk dikonsumsinya,” tukasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.