Cakades Didominasi Orang Luar, Ibu-ibu Desa Pangbatok Pamekasan Protes

Avatar of PortalMadura.com
Cakades Didominasi Orang Luar, Ibu-ibu Desa Pangbatok Pamekasan Protes
Puluhan warga Desa Pangbatok Pamekasan Melakukan Protes kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa

PortalMadura.Com, – Puluhan warga Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, melakukan protes kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) di kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, Rabu (16/8/2017).

Pada saat itu, P2KD menetapkan lima Calon Kepala Desa (Cakades) dari tujuh orang pendaftar. Versi warga, dua orang yang dicoret tersebut merupakan asli warga Desa, Pangbatok. Sementara empat dari lima cakades yang ditetapkan itu dari desa lain.

“Semua cakades itu merupakan orang luar (luar Desa Pangbatok). Meskipun Undang-undangnya orang luar itu bisa calon di desa mana saja, tapi ini persoalannya calon bayaran,” kata salah satu warga Subaidi kepada awak media.

Menurut Subaidi, melubernya pendaftar dari luar desa itu diduga berkat suruhan incumbent yang sudah tidak bisa maju sendiri sebagai cakades lantaran telah menjabat selama tiga periode. Figur luar desa itu diduga mendapat bayaran dari petahana dengan tujuan menyingkirkan cakades asli Desa Pangbatok.

“Mereka dibayar oleh Rusdi (Kades Incumbent) untuk bisa menyingkirkan figur yang asli dari Desa Pangbatok. Kami ini minta ketegasannya kepada aparat, karena semua ini tidak setuju,” pungkasnya.

Pantauan PortalMadura.Com di lapangan, warga Desa Pangbatok sampai saat ini tetap menduduki kantor memprotes penetapan cakades tersebut. Para ibu rumah tangga pun ikut memprotes penetapan tersebut. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.