Camat Batuputih Lestarikan Budaya Lokal Melalui Karnaval Kemerdekaan RI

Avatar of PortalMadura.Com
Camat Batuputih Lestarikan Budaya Lokal Melalui Karnaval Kemerdekaan RI
Karnaval Kemerdekaan, Camat Batuputih, kenakan Baju Sakera

PortalMadura.Com, – Berbagai kesenian tradisional dan budaya lokal ditampilkan pada karnaval perayaan HUT Kemerdekaan ke 71 Republik Indonesia (RI) di Kecamatan , Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa (23/8/2016).

Karnaval yang diikuti berbagai elemen masyarakat, seperti Pondok Pesantren, Karang Taruna, Kelompok Tani, semua UPT dan berbagai organisasi kepemudaan serta kemasyarakatan itu, sangat meriah.

Hal tersebut dirasakan antusiasme dari ribuan masyarakat yang memadati sepanjang jalan Kecamatan Batuputih hingga finish di lapangan sepak bola, Renteng. Lebih dari 20 grup karnaval ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Dengan tema “Kemerdekaan dan Persatuan, para peserta karnaval itu tak tanggung-tanggung mengenakan berbagai kostum unik, seperti layaknya Tentara Nasional Indonesia (TNI) lengkap dengan laras panjang, ada yang menampilkan kostum kebaya, batik, sakera, dan pakaian keraton.

Kemudian, ada peserta karnaval dengan musik tongtong, saronen, drum band, ‘can macanan'. Bahkan, ada yang ekstrim, yakni mengenakan pakaian serba putih layaknya ‘pocong'.

Camat Batuputih, Sumenep, Purwo Edi Prawito, S.STP mengungkapkan, selama menjabat di Batuputih aktif menggelar sejumlah kegiatan yang melibatkan masyarakat dan mengangkat potensi di 14 desa.

“Karnaval ini memang sengaja digelar pada perayaan HUT Kemerdekaan. Tujuannya, untuk melestarikan budaya lokal milik warga Batuputih,” katanya pada PortalMadura.Com.

Selain itu, pihaknya bangga terhadap masyarakat Batuputih, dimana dalam momen peringatan hari kemerdekaan diharapkan dapat meningkatkan jiwa patriotisme untuk mempertahankan keutuhan NKRI.

Dijadwalkan, perayaan puncak HUT Kemerdekaan ke 71 Republik Indonesia akan diadakan pengajian akbar yang digagas para kepala desa, tanggal 31 Agustus 2016.

“Pada pengajian akbar itu, insya-Allah bapak Bupati akan hadir,” pungkasnya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.