PortalMadura.com

Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

  • Senin, 26 September 2016 | 09:00
Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Nyeri tulang belakang biasa dialami wanita hamil pada umumnya. Rasa nyeri akan mulai terasa saat kehamilan memasuki trimester ketiga dimana berat badan ibu meningkat secara signifikan.
Namun Anda tidak perlu khawatir karena umumnya, sakit punggung selama kehamilan ini bisa dicegah bahkan diobati. Anda bisa mempertimbangkan 7 cara berikut untuk menyembuhkan sakit punggung Anda.

1. Menjaga Postur Tubuh
Selalu usahakan agar posisi berdiri dan duduk tetap seimbang dan benar. Usahakan punggung tetap lurus dalam keadaan apapun. Pada masa kehamilan akhir, pastikan tidak keberatan menopang janin dalam rahim karena posisi pundak yang terlalu kebelakang sehingga punggung akan semakin sakit.

2. Selalu Rileks
Usahakan untuk tetap rileks baik ketika duduk atau berdiri. Saat berada dalam posisi duduk, angkat sedikit kaki atau letakkan di kursi kecil. Cobalah untuk mengganti posisi sesering mungkin. Jangan silangkan kaki, meski ini menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan.

3. Tidur Cukup
Biasakan untuk tidur dengan lutut tertekuk, juga bisa menggunakan bantal untuk membantu tubuh agar tetap nyaman. Cobalah untuk meletakkan bantal atau guling di antara lutut dan di bawah perut.

4. Hindari Membawa Beban Berat
Mengangkat beban berat juga menjadi salah satu pemicu sakit punggung yang paling sering terjadi. Bila memang harus mengangkat sesuatu, ada baiknya kamu melakukannya dengan posisi tubuh yang tepat, yakni dengan menekuk lutut bukan pinggang. Hindari mengangkat beban berat atau menggendong anak kecil selama kehamilan. Selain itu, hindari pula untuk menjangkau benda di tempat yang tinggi sehingga meregangkan tubuh secara tiba-tiba.

5. Gunakan Pakaian Pendukung Kehamilan
Selama masa kehamilan, mungkin merasa kaki lebih besar sehingga sepatu jadi terlalu sesak. Untuk itu, ketika kamu membeli sepatu baru, belilah sepatu dengan alas datar. Bila memang sepatu kamu masih muat, hindari untuk menggunakan sepatu dengan hak tinggi. Selain itu, ketika memilih pakaian hamil, carilah celana yang menopang pinggang. Bila perlu, kamu juga bisa membeli sabuk pendukung kehamilan.

6. Cari Penghilang Rasa Sakit
Cukup gunakan handuk hangat, botol air hangat, atau mandi air hangat untuk meredakan nyeri punggung. Kamu juga dapat mengganti hangat tersebut dengan dingin dari sekantung es batu.

7. Jaga Kesehatan Agar Tetap Fit
Usahakan untuk selalu aktif sebisa mungkin. Berolahraga dapat membantu menguatkan punggung kamu. Pertimbangkan untuk melakukan olahraga renang, berjalan-jalan santai, senam hamil, atau kelas yoga hamil.

8. Berkonsultasi ke Dokter
Langkah terakhir sebaiknya bila kamu berkonsultasi ke dokter apabila sakit tidak kunjung membaik. Ada kemungkinan penyakit yang lebih serius apalagi bila diiringi dengan gejala lain. Jadi, jangan abaikan sakit punggung kamu.

Itulah beberapa cara mengatasi sakit punggung selama masa kehamilan yang dapat Anda lakukan. Jangan sampai hal tersebut terabaikan dan berakibat pada kesehatan Anda dan janin dalam kandungan. Selalu sehat dan jaga asupan gizi yang baik.(ibudanmama.com/Diyah)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional