Cara Efektif Atasi Rasa Malas Saat Belajar

Avatar of PortalMadura.Com
Cara Efektif Atasi Rasa Malas Saat Belajar
Ist.Net

PortalMadura.Com – Rasa malas bukanlah satu masalah baru bagi para pelajar. Rasa malas itu bisa ditimbulkan dari berbagai faktor, seperti jenuh, bosan, dan sering menunda-nunda pekerjaan.

Jika rasa malas belajar muncul, maka sebaiknya segera melakukan tindakan-tindakan yang dapat membuat rasa malas belajar itu hilang. Cara paling efektik untuk mengatasi ini adalah melakukan upaya nyata dengan tepat untuk membentuk prilaku baru yang bisa membantu Anda memiliki rasa disiplin dalam diri untuk belajar.

Berikut cara efektif dalam mengatasi sifat malas dalam belajar.

Tujuan Tertulis
Tujuan memberi pengaruh yang sangat besar kepada diri kita saat ingin mencapai sesuatu. Jadi, sebelum belajar atau akan belajar, Anda harus membuat tujuan yang jelas dan tertulis. Untuk membuat tujuan, Anda harus membuat tujuan setiap bab mata pelajaran yang akan dipelajari di kelas.

Anda perlu menulis apa yang anda ingin ketahui dan untuk apa anda mengetahui isi dari bab yang akan dipelajari. Selain itu, anda juga harus membuat tujuan berapa nilai yang ingin anda dapatkan setiap mata pelajaran di akhir semester.

Strategi Belajar
Strategi belajar yang tepat adalah salah satu solusi untuk mengatasi kebiasaan malas belajar Anda di sekolah atau pun di rumah. Ini sangat bermanfaat karena akan memudahkan anda dalam belajar di sekolah.

Prioritas Belajar
Anda perlu membuat prioritas dalam belajar. Ini sangat penting. Bila anda tidak bisa membuat prioritas belajar, maka anda akan keteteran dalam belajar, baik di sekolah atau pun di rumah. Dengan membuat dan memberikan prioritas pada pelajaran yang anda kurang kuasai, anda akan semakin mudah mengerti materi yang sedang anda prioritaskan untuk kuasai.

Percaya Diri
Anda harus percaya diri sebelum memulai belajar,sebelum rasa jenuh itu datang,katakana lah pada dirimu :”Apa yang kita pelajari sekarang adalah kunci utama untuk membuka pintu kesuksesan dan apapun yang menghadangku untuk belajar, baik itu rasa jenuh,rasa malas, rasa bosan, tak kan aku hiraukan. Aku akan terus belajar sedapat yang aku bisa.” Ucapkan itu dengan penuh percaya diri, lalu bangkitkan semangatmu hingga menyala-nyala.

Posisi Belajar
Meski pun terasa kurang masuk akal, tetapi ini akan sangat mempengaruhi Anda dalam mood (emosi) belajar. Bila Anda belajar sambil tidur-tiduran maka lambat laun Anda pasti akan tertidur. Akan sangat sulit untuk menahan diri untuk tidak tidur.

Tindakan
Cara untuk mengatasi rasa malas adalah dengan melakukan langkah kecil. Bila Anda melakukan tindakan, meski pun itu tindakan yang sangat kecil. Bila terus dilakukan secara terus menerus maka, perlahan tapi pasti anda akan memiliki kebiasaan untuk belajar dan disiplin yang baik. Dengan begitu, anda bisa mengatasi kebiasaan malas belajar dalam diri Anda. (bacakilat.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.