Cara Efektif Hentikan Kebiasaan Merokok di Kalangan Remaja

Avatar of PortalMadura.Com
Cara Efektif Hentikan Kebiasaan Merokok di Kalangan Remaja
Ist.Net

PortalMadura.Com –  Masa muda identik dengan semangat mencoba-coba. Karena itu, tak ayal, gemar mencoba hal-hal baru, termasuk hal negatif seperti merokok.

Merokok di kalangan remaja memang sudah meluas dan sangat banyak, baik di sebabkan dari pergaulan atau lingkungannya yang lain. Membujuk mereka untuk mengubah pola hidup untuk lebih sehat tentu saja menjadi hal yang tidak mudah.

Namun Anda tak perlu khawatir, berikut beberapa cara paling efektif untuk membujuk remaja berhenti dari kebiasaannya itu.

Memberi Contoh yang Baik
Jika Anda ingin menyuruh anak remaja Anda menjadi baik, usahakan Anda harus memberi contoh yang baik kepadanya. Jika Anda ingin anak remaja Anda tidak merokok, maka Anda juga jangan merokok. Itu adalah cara yang mudah bagaimana mencegah seorang remaja merokok.

Lakukan Komunikasi
Kebanyakan orang tua tidak ingin mencari tahu tentang keadaan anak remajanya, sehingga menyebabkan mereka bertindak seenaknya sendiri seperti tanpa aturan. Jadi penting untuk selalu menjaga komunikasi dengannya agar Anda sebagai orang tua tahu sejauh mana perkembangan sikap anak remaja Anda.

Selalu Mengawasi dengan Baik
Anda sebagai orang tua harus selalu mengawasi anak remaja Anda. Akan tetapi jangan terlalu berlebihan dalam mengawasinya, berilah kebebasan kepada seorang remaja untuk menggali bakat yang di miliki. Selama itu baik, Anda jangan sampai melarangnya.

Cobalah beri kepercayaan dan tetaplah bersikap santai kepadanya, jangan sampai Anda sebagai orang tua menekannya karena itu akan membuat seorang remaja stres dan akhirnya malah merokok.

Beri Pengetahuan dan Pengarahan
Anda sebagai orang tua, harus selalu memberi pengetahuan dan pengarahan yang baik kepada anak remaja Anda tentang bahaya yang di timbulkan dari rokok. Selalu memberi motivasi yang baik kepada anak remaja Anda, kalau dia bisa melakukan dan menjadi yang terbaik. Dengan seperti itu anak remaja Anda merasa di beri kepercayaan yang baik, dan akhirnya diapun terhindar dari rokok.(terapiotak.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.