Cara Jitu Antisipasi Maag Selama Bulan Ramadan

Avatar of PortalMadura.Com
Cara Jitu Antisipasi Maag Selama Bulan Ramadan

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan seluruh umat islam diwajibkan untuk berpuasa. Tapi bagaimana dengan penderita maag, bukankan orang yang memiliki penyakit maag tidak boleh telat makan?

Nah, bagi Anda yang menderita sakit maag dan akan melaksanakan puasa berikut ini beberapa cara untuk mengantisipasi agar tidak mengganggu ibadah puasa Anda.

1. Berbukalah tepat pada waktunya, jangan diundur-undur. Saat berbuka puasa di anjurkan untuk memulai dengan makanan yang manis lebih dianjurkan mengkonsumsi kurma, ini sangat penting untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh.

2. Saat berbuka puasa sebaiknya tidak langsung memakan makanan yang berat seperti : nasi, jagung, ubi, dan singkong. Sebaiknya, makan berat dilakukan setelah satu jam berbuka, supaya kadar gula darah dan cairan tubuh kembali ke posisi normal. Ingat jangan berlebihan makan.

3. Ketika waktu sahur dianjurkan memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat, agar pengosongan lambung berjalan lebih lambat.

4. Jangan langsung tidur setelah sahur untuk menghindari mual.

5. Hindari juga makanan yang pedas, asam, dan makanan instan.

6. Selain itu hindari juga minuman berkafein seperti kopi, cokelat, minuman bersoda dan jangan merokok karena akan meningkatkan produksi asam lambung.

7. Bila maag sudah sangat kronis, bisa diantipasi dengan minum obat sakit maag saat sahur dan berbuka.

Ditambah dengan keyakinan bahwa puasa akan membuat kita sehat, Insya Allah kita dapat melaksanakan puasa dengan sebaik-baiknya tanpa mengalami gangguan kesehatan. (inicaraku.com/Diyah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.