Cara Jitu Menumbuhkan Semangat Belajar di Rumah

Avatar of PortalMadura.Com
Cara Jitu Menumbuhkan Semangat Belajar di Rumah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Rumah merupakan sekolah pertama bagi -anak. Dan orangtua adalah guru pertama anak. Namun, kebanyakan para orang tua mudah sekali marah dalam menghadapi anak yang tidak giat di rumah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini cara mengajak anak belajar di rumah. Yuk simak!

Kembangkan cara belajar yang menarik
Anak-anak dalam usia pertumbuhan selalu bersemangat untuk belajar hal baru. Cobalah membuat kegiatan belajar yang menarik. Anda tidak perlu mengajar anak dengan cara konvensional dengan menyuruhnya belajar menggunakan kursi dan meja belajar. Anak dapat belajar dimanapun baik itu di sofa atau tempat tidur. Saat belajar di tempat yang santai cobalah mengajak anak mengisi teka-teki silang di mana dia dapat menggunakan pikirannya untuk mengisi seluruh baris dan kolom. Mengisi teka-teki silang akan membantu anak menambah pengetahuan umumnya.

Belajar sambil bermain
Setiap anak memiliki gaya belajar sendiri. Jika anak Anda tidak suka duduk di satu tempat, coba mengajarinya saat bermain. Anak-anak adalah pendengar yang sangat baik. Oleh karena itu, Anda dapat memutar buku audio sehingga dia dapat menyerap cerita dengan cepat. Atau Anda dapat membaca buku dengan suara keras supaya dia lebih mudah paham. Belajar sambil bermain merupakan metode yang sangat baik untuk mengajar anak-anak yang pendiam dan tidak terlalu aktif.

Jadwalkan waktu menonton televisi
Anak-anak mudah sekali kecanduan televisi. Kecanduan televisi tidak baik bagi pertumbuhan mental dan fisik. Televisi juga bisa menurunkan minat belajar. Jadi jadwalkan kegiatan sehari-hari anak dan itu sudah mencakup waktu menonton televisi. Jangan menyalakan televisi saat anak belajar karena dapat merusak konsentrasi.

Belajar  melalui internet
Internet juga merupakan salah satu cara untuk membuat anak Anda belajar hal-hal baru. Melalui dunia maya seorang anak bisa mendapatkan pengetahuan yang mendalam tentang suatu topik tertentu. Hal ini dapat meningkatkan minat dan membuat dia mengeksplorasi ide-ide baru. Tapi Anda harus selalu memonitor kegiatan ber-internet anak. Anda juga perlu memastikan bahwa penggunaan internet hanya sebatas untuk belajar saja.

Selain itu, Agar anak betah belajar di rumah, Anda perlu pengertian ekstra, kesabaran, dan disiplin lebih. (parentsindonesia.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.