PortalMadura.com

Cara Mengajari Anak Supaya Menghargai Orang Lain

  • Jumat, 23 September 2016 | 07:00
Cara Mengajari Anak Supaya Menghargai Orang Lain
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki anak yang santun dan menghormati orang lain merupakan dambaan setiap orang tua.  Namun, tidak dapat dihindarkan bahwa tingkah anak-anak kadang di luar harapan. Kadang menurut dan manis tapi juga kadang bertingkah nakal dan tidak sopan yang memancing kemarahan kita sebagai orang tua.

Anda jangan khawatir, itu adalah normal. Malah kita harus mengkhawatirkan anak-anak yang tidak pernah melakukan itu.  Namun Anda masih dapat mengajarkan kepada si kecil tentang pentingnya bersikap sopan dan pentingnya mengormati orang lain.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mengajarkan si kecil.

1. Berikan Contoh
Anak akan lebih mudah memahami nilai-nilai sosial dengan mencontoh perilaku urangtua. Jika anda biasa menyapa tetangga saat melewati rumahnya, maka anak akan dengan mudah mengikuti kebiasaan tersebut.

2. Hargai Anak
Biasakan untuk berkomunikasi menggunakan etika kepada anak. Jika orangtua memberikan contoh sikap tidak baik, maka anak akan lebih mudah untuk mencontoh sikap tidak baik tersebut misalnya membentak, memotong pembicaraan, menggunakan kata kasar, dsb.

3. Berikan Pemahaman tentang Penghargaan terhadap orang Lain
Berikan penjelasan mengapa orang lain harus dihargai. Pemahaman dapat dibantu dengan cerita tentang bagaimana cara menghargai orang lain serta akibat buruk dari tidak menghargai orang lain.

4. Ajarkan Anak Meminta Maaf
Ajarkan anak meminta maaf jika ia telah melakukan kesalahan terhadap orang lain atau melanggar hak orang lain. Orangtua juga jangan sungkan untuk meminta maaf kepada anak jika memang melakukan kesalahan terhadap anak.

5. Jangan Menghukum
Jangan menghukum anak hanya karena ia tidak menghargai orang lain. Beritahukan kepada anak bagaimana seharusnya bersikap yang pantas terhadap orang lain. Jika anda menghukum anak karena kurang menghargai orang lain, ia akan menganggap bahwa hal itu merupakan “pekerjaan” dan bukan ketulusan.

6. Berikan Penghargaan
Berikan respek positif (misalnya dengan memberikan pujian) setiap kali anak menggunakan bahasa yang sopan terhadap orang lain.

7. Ajarkan Praktek
Mintalah anak untuk mengucapkan salam saat bertemu orang yang ia kenal. Mintalah anak untuk mengucapkan terima kasih bila seseorang telah memberikan sesuatu. Hal ini tidak hanya membantu anak bersikap sopan tetapi juga meningkatkan kemampuan anak bersosialisasi.

8. Jangan Berpihak
Jika anak bertengkar dengan saudaranya atau dengan temannya, hindari berpihak atau membela anak sepenuhnya. Dalam pertengkaran kedua pihak umumnya bersalah dan ingin mengalahkan pihak lain. Berikan solusi penyelesaian yang terbaik yang dapat diterima kedua belah pihak.

9. Tekankan Nilai Kejujuran dan Tanggung jawab
Bersikap jujur dan bertanggungjawab tidak hanya menghargai orang lain tetapi juga membuat anak menghargai diri sendiri dalam setiap aktivitas dan tindakannya.

10. Berikan Pengertian agar Anak Menghargai Perbedaan
Perbedaan seringali menjadi latar belakang permusuhan. Anak harus diberi pemahaman untuk belajar menerima perbedaan agar dapat bersosialisasi dengan rukun.

11. Berikan Peringatan
Ingatkan anak setiap kali berkata atau bersikap kasar terhadap orang lain.

12. Beri Kesempatan Anak untuk Memperbaiki Diri
Terkadang anak sulit untuk menerima masukan dari orang tua. Seiring dengan berjalannya waktu anak akan dapat menilai mana sikap yang memiliki nilai positif dan mana sikap yang memiliki nilai negatif. Sebagai sebuah pembelajaran, perbaikan sikap membutuhkan waktu dan upaya berkesinambungan. (olvista.com/choir)


loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional