4 Cara Ampuh Basmi Kutu Rambut

Avatar of PortalMadura.Com
4 Cara Ampuh Basmi Kutu Rambut
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kutu rambut merupakan salah satu masalah rambut yang disebabkan oleh penggunaan sisir, penggunaan handuk, kurang menjaga kebersihan rambut ataupun karena perubahan pola hidup yang dimudahkan dengan peralatan modern.

Kondisi ini akan menyebabkan banyaknya telur-telur kutu yang mungkin ditularkan pada mereka yang memiliki kutu rambut. Kutu rambut biasanya ditemukan di pinggir kepala, kulit halus di telinga dan daerah leher. Kebanyakan kutu rambut yang hidup di kulit kepala manusia adalah jenis kutu rambut betina yang ukurannya sedikit lebih besar dari kutu rambut jantan, karena kutu rambut betina menyimpan banyak telur di tubuh belakangnya yang siap menetas kapan saja.

Kutu rambut mengalami perkembangan cukup cepat, karena menghisap darah dan mencari makanan di kulit kepala. Kutu rambut dapat berpindah dari kulit kepala ke rambut orang lain. Adanya kutu rambut menjadi masalah tersendiri bagi Anda dan orang disekitar. Ingin membasmi kutu rambut?

Berikut 4 cara cepat menghilangkan kutu rambut :

Memotong Rambut
Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kutu rambut, ada baiknya untuk memotong atau memangkas rambut. Jika kutu rambut dialami wanita, mereka bisa memotong rambut menjadi pendek agar pertumbuhan kutu tidak semakin berkembang. Dan jika terjadi pada pria, dapat memangkas rambut hingga botak plontos sehingga tidak ada lagi kutu rambut yang hidup di kulit kepala maupun rambut.

Menggunakan Obat Kimia Pembasmi Kutu Rambut
Di apotik, di pasar atau di warung biasanya menjual obat pembasmi kutu rambut dengan berbagai merk dagang. Umumnya mereka yang memiliki masalah dengan kutu rambut merasa lebih efektif menggunakan obat bahan kimia untuk menghilangkan kutu rambut, selain menyisir rambut tiap hari dengan menggunakan sisir rapat (serit).

Namun, setiap merek pembasmi kutu rambut yang dijual pastinya mengandung efek samping terhadap rambut, misalnya rambut rontok, kulit kepala terasa gatal, tumbuhnya ketombe dsb.

Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis
Caranya, dengan mencampur 2 sendok makan minyak kayu putih dengan perasan air jeruk nipis secukupnya. Kemudian oleskan campuran tersebut ke kepala sambil dipijit perlahan kulit kepala selama beberapa menit. Selanjutnya, tutuplah kepala dengan menggunakan shower cap dan biarkan selama 1 jam. Lalu keramas sampai bersih, setelah rambut kering sisirlah rambut dengan menggunakan sisir bergigi rapat (serit) untuk membersihkan sisa-sisa telur kutu yang masih melekat di rambut atau kulit kepala.

Lakukan cara ini sampai beberapa kali dalam satu minggu hingga telur dan kutu rambut hilang.

Minyak Kelapa
Hangatkan minyak kelapa, kemudian balurkan minyak kelapa hangat tersebut ke kepala dan kulit kepala secara merata. Lalu tutup kepala dengan menggunakan handuk putih bersih diamkan selama semalaman. Keesokan harinya keramas seperti biasanya sampai tidak ada lagi minyak kelapa yang tersisa di rambut.

Lakukan cara ini sebelum tidur, selama 3 malam berturut-turut dan ulangi selama kutu belum hilang.

Cuka Putih
Cuka putih sebenarnya tidak membunuh kutu rambut, hanya melepaskan genggaman telur kutu yang bergelantungan di rambut. Cuka putih juga mengandung antiseptik yang dapat membantu membersihkan kulit kepala dari kotoran, jamur dan bakteri.

Caranya, membasahi kulit kepala dengan cuka putih sambil dipijat secara perlahan, kemudian tutup kepala dengan shower cap selama 30 menit agar cuka putih meresap dan bekerja. Setelah 30 menit, telur-telu kutu akan lepas dari rambut dan berjatuhan, kemudian sisir rambut dengan menggunakan sisir bergigi halus dan rapa (serit). Lalu keramasi rambut sampai bersih, ulangi beberapa kali sampai kutu rambut benar-benar hilang.

Demikian cara menghilangkan kutu rambut secara cepat dan mudah, semoga cara di atas dapat berguna buat Anda semua. Pastikan juga Anda tetap menjaga kebersihan rambut anda agar terhindar dari kutu rambut. (detiksehat.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.