Cara Mudah Rawat Motor yang Sering Kena Hujan

Avatar of PortalMadura.Com
Cara Mudah Rawat Motor yang Sering Kena Hujan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memasuki musim penghujan yang hampir setiap hari terjadi membuat sebagian pengguna motor yang berlalu lalang resah. Pasalnya, motor yang terkena air hujan atau percikan air yang tergenang dijalan rentan membuat motor bisa berkarat.

Kondisi ini perlu mendapat perhatian lebih dari pemilik motor karena jika tidak segera dibersihkan bukan tidak mungkin motor Anda akan benar-benar berkarat. Oleh karena itu, Anda perlu untuk membersihkannya secara rutin agar karat pada motor tidak terjadi.

Dilansir PortalMadura.Com Senin (20/2/2017), pada laman viva.co.id, menurut Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman, menganjurkan pemilik sepeda motor untuk segera melakukan bersih-bersih kendaraan jika digunakan saat menembus hujan.

“Melakukan pembersihan atau mencuci motor, lalu mengeringkan dengan mengelap atau menyemprot angin dan kemudian lakukanlah pelumasan kepada komponen yang bergesekan atau bergerak,” katanya.

Agar mesin tetap optimal, Ade menyarankan pemilik kendaraan juga menjaga bagian kelistrikan motor dengan menghindari genangan air saat berkendara.

“Hindari genangan air serta banjir yang dapat merendam sebagian atau seluruh bagian mesin serta elektrik. Sedangkan untuk merawat motor, pemilik sebaiknya rutin memeriksa tutup oli mesin agar terhindar dari kebocoran. Lalu periksa tutup busi dari kebocoran yang mengakibatkan korsleting, serta perhatikan kabel bodi dari pengelupasan atau kemasukan air”.

Lebih lanjut ia menyarankan saat hendak mengeringkan motor dilakukan dengan cara mengelap. Sedangkan saat hendak disemproti angin kompresor, periksa juga aki, khususnya motor matik. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.