Cara Seru Kenalkan Angka dan Huruf Sejak Dini Pada Anak

Avatar of PortalMadura.Com
Cara Seru Kenalkan Angka dan Huruf Sejak Dini Pada Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengenalkan angka dan huruf kepada balita tidak harus selalu dilakukan dengan cara membosankan. akan antusias belajar, jika Anda mengenalkannya melalui permainan dengan cara yang menyenangkan.

Mengenalkan angka dan huruf akan membuat si kecil lebih familiar dan menjadi modal saat ia masuk sekolah kelak. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperkenalkan angka dan huruf pada si kecil.

Menyanyikan Lagu tentang Angka dan Huruf
Melalui nyanyian, anak akan lebih mudah mengenal konsep angka dan huruf. Ajak balita bernyanyi bersama lagu Satu-satu Aku Sayang Ibu dan A B C. Lagu itu mengenalkan anak kepada bilangan, huruf dan urutan.

Menyentuh Huruf
Siapkan dua set mainan huruf yang berukuran cukup besar. Ambil satu huruf kemudian mintalah anak mengambil huruf yang sama. Ucapkan nama hurufnya. Misalnya Moms mengambil huruf A, maka sebutkan huruf A dan mintalah anak mengangkat huruf A.

Katakan pada si kecil, huruf A merupakan awal dari nama “Apel”. Lakukan untuk huruf lain. Cara ini membantu anak mengetahui bentuk huruf dan mengetahui bunyi huruf.

Kartu Huruf dan Gambar
Siapkan kartu huruf bergambar. Mintalah anak mengambil satu kartu. Sebutkan nama huruf yang ada pada kartu dan sebutkan gambarnya misalnya huruf B “Bebek”, C “Cicak”, D “Durian”, dan seterusnya atau, kartu huruf disusun secara alphabet kemudian ajarkan anak urutan alphabet. Dari kegiatan ini, anak belajar mengenal bunyi huruf, urutan huruf, dan juga bentuk huruf.

Menghitung Benda Konkret
Mengenal angka sama dengan mengenal konsep banyak benda. Ajarkan si kecil menghitung benda, bukan menghafal angka atau urutan angka. Caranya, sediakan sedotan berukuran besar sebanyak 10 buah. Mulailah menghitung sendiri. Selanjutnya mulailah berhitung dari 1 sampai 10 bersama anak. Kombinasikan misalnya dengan mengambilnya 3 buah kemudian meminta anak menyebutkan jumlah sisanya.

Mengajak Belanja
Prinsip berhitung pada balita adalah dengan menyentuh dan melihat. Ajak anak berbelanja buah atau sayur. Siapkan plastik dan minta si kecil memasukkan ke plastik 3 buah tomat. Siapkan kantong plastik lain dan mintalah anak memasukkan 5 buah jeruk.

Melakukan Permainan Jari
Cara untuk melatih anak anda belajar mengenal angka dan huruf dapat dilakukan dengan permainan. Anda dapat mengajak melakukan permainan jari, pertama tama lakukan jari-jari di depan posisi telapak tangan bawah anak anda begitu pula dengan anda kemudian mulailah belajar menghitung dari 0 hingga 10 untuk perkenalan terlebih dahulu.

Ajak anak anda untuk menunjuk satu persatu dari mulai ibu jari menuju kelingking sambil mengucapkan angka angka tersebut. Sedangkan untuk mengajak bermain huruf, anda dapat melakukan permainan yang serupa yaitu memulai menyebutkan huruf dan ketika berakhir sampai huruf tertentu, misalnya saja huruf L maka anda dapat menyebutkan nama nama sayuran seperti Labu, Lobak dll.

Memperkenalkan huruf dan angka kepada balita harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan bermakna sehingga konsep tersebut akan selalu teringat di benak anak. Jangan biasakan belajar dengan menghafal karena hafal saja belum tentu paham. (merries.co.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.