Cek Mesin Motor Bekas dengan Cara Ini Agar Tak Tertipu Saat Beli

Avatar of PortalMadura.Com
Cek Mesin Motor Bekas dengan Cara Ini Agar Tak Tertipu Saat Beli
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Membeli memang gampang-gampang susah. Karena pembeli harus lebih jeli dalam memilih kondisi motornya. Jika diremehkan, bukan tidak mungkin motor yang di beli sudah tidak ‘sehat' terutama untuk dibagian mesinnya.

Kemungkinan besar motor bekas lebih berisiko dibandingkan dengan motor yang baru beli dari dealernya. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati jika membeli yang bekas agar tidak tertipu. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki kemampuan tentang kondisi motor yang tidak bagus. Nah, jika Anda ingin mengetahuinya, Anda bisa memanfaatkan tips sederhana ini.

Menurut Rinto seorang mekanik di sebuah bengkel di Ciputat, sebenarnya ada cara mudah mengetahui kondisi mesin motor. “Cara mudahnya, motor yang sehat itu waktu gasnya dibuka terus ditutup kembali tetap hidup,” kata Rinto.

Lebih lanjut, Rinto menjelaskan bahwa motor yang kondisi bagus ditandai dengan suara mesin dan langsam yang bagus juga. Jika Anda ingin mengetahui hal tersebut, Anda hanya perlu menarik tuas gas saat mesin hidup hingga putaran tinggi alias digeber.

“Setelah itu lepaskan gas dan perhatikan putaran mesin apakah langsam atau tidak. Biasanya, motor bekas yang kondisinya tidak bagus langsung drop bahkan tak jarang langsung mati,” terang Rinto.

Menurut Rinto, drop atau mesin mati itu bukan karena setelan gasnya dibuat besar, tapi menandakan ada komponen di dalam mesin yang geraknya macet atau bisa jadi karburatornya memang bermasalah. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.