Dandim Bangkalan : Penanaman Wawasan Kebangsaan harus Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.Com
Kegiatan TNI AD Bangkalan
Kegiatan TNI AD Bangkalan

PortalMadura.Com, – Komandan 0829 Bangkalan, Madura, Jawa Timur Letkol Infanteri Sunardi Istanto, mengatakan salah satu bidang yang harus ada dalam pendidikan nilai moral adalah penanaman nilai moral nasionalisme termasuk cinta terhadap kekayaan bahari.

Di era globalisasi ini wawasan kebangsaan menjadi sangat penting untuk diberikan kepada anak usia dini.

“Jadi, persoalan wawasan kebangsaan ini harus ditanamkan sejak sekolah dasar dan terus berlanjut hingga perguruan tinggi, sehingga anak-anak kita memiliki benteng yang kuat dalam menghadapi pengaruh global. Kalau kita kuat,” jelas Dandim, Minggu, (6/9/2015).

Sementara kegiatan yang dilaksanakan jajaran Kodim yang sedang berlangsung, dilaksanakan oleh Koramil 06/Kwanyar Kodim 0829/Bangkalan, Kapten Infanteri Mediono Darmadi bersama Babinsa Kwanyar Serda Ma'mun dan Serda Sukriyanto membantu Pembina Pramuka SMPN 1 Kwanyar.

Materi yang diberikan adalah wawasan kebangsaan melalui kegiatan kepramukaan diikuti sebanyak 150 orang.

Di sela kegiatan Danramil 06/Kwanyar Kapten Inf Mediono Darmadi mengatakan, dengan  adanya kegiatan seperti ini diharapkan nantinya anak-anak akan tumbuh menjadi generasi-generasi bangsa yang mencintai negeri dan tanah airnya.

Sebaliknya jika anak-anak tidak dibekali nilai-nilai wawasan kebangsaan yang kuat, di masa mendatang akan sangat rentan “dijajah” oleh berbagai hal dari luar.

Penjajahan ini diantaranya budaya, tingkah laku dan lain sebagainya”, jelasnya.

Sedangkan kegiatan Koramil 16/Sepuluh Kodim 0829/Bangkalan, Babinsa Sumar memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi  SDN  Desa Saplasa Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan.

Materi yang diberikan adalah materi PBB (Peraturan baris berbaris), diikuti sebanyak 72 orang.

Danramil 16/Sepuluh Kapten Inf Yusron mengatakan, kegiatan ini untuk menumbuhkan disiplin, loyalitas, setia kawan dan Nasionalisme generasi muda khususnya para pelajar sejak dini, agar mampu menjadi pemuda-pemuda yang tangguh dan cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Diharapkan kedepannya, setelah mengikuti materi wawasan kebangsaan ini tertanam nasionalisme didada setiap siswa-siswi SDN Desa Saplasa Kecamatan Sepulu,” ujarnya.

Dengan materi itu, ditargetkan tidak muncul fikiran-fikiran yang negatif dan akan menjadi generasi penerus bangsa yang handal dan mampu bersaing dengan daerah lain bahkan internasional. (rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.