Dehidrasi Saat Puasa? Ini Cara Mengatasinya!

Avatar of PortalMadura.Com
Dehidrasi Saat Puasa? Ini Cara Mengatasinya!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mencukupi cairan tubuh saat bulan Ramadan sangat penting, karena pada bulan ini sangat mungkin tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan.

Untuk itu, Anda harus selalu memastikan asupan cairan yang masuk saat berbuka dan sahur. Nah, cara-cara berikut ini bisa Anda lakukan agar Anda tak terkena dehidrasi selama menjalankan ibadah .

Tetap 8 Gelas Setiap Hari

Rata-rata, seseorang membutuhkan asupan cairan sebanyak 8 gelas setiap hari. Asupan cairan ini bisa melalui air mineral, buah-buahan yang mengandung cairan, atau makanan berkuah. Usahakan agar saat sahur, Anda mencicil beberapa gelas, bisa 3 – 4 gelas (tetapi tidak langsung sekali minum). Demikian juga saat berbuka puasa. Jumlah 8 gelas bisa bertambah jika aktivitas yang Anda lakukan sepanjang hari menguras keringat dan tenaga.

Hindari Kafein dan Minuman Bersoda

Sebisa mungkin, minimalkan atau hindari mengonsumsi minuman/makanan yang mengandung kafein. Kafein memiliki kemampuan untuk menghilangkan manfaat dari air di dalam tubuh dan menghilangkan kelembaban. Jika Anda ingin menikmati minuman hangat, pilih teh hijau atau teh chamomile. Hindari juga  minuman bersoda yang dapat membuat perut terasa penuh.

Beri Rasa Pada Air Mineral

Banyak orang yang tidak suka mengonsumsi air mineral karena rasanya hambar. Hal ini dapat diatasi dengan memberi rasa pada air mineral, tentunya rasa dari bahan alami. Anda bisa memasukkan sepotong irisan lemon atau sedikit perasan jeruk nipis ke dalam air mineral, rasanya akan lebih segar. Tetapi hindari memberi tambahan berupa gula atau pemanis lainnya.

Minum Susu

Anak-anak bisa mulai belajar puasa. Untuk mencegah dehidrasi pada anak, Anda bisa memberikan susu. Sebuah penelitian yang dilakukan di McMaster Universitymenyebutkan bahwa susu lebih baik untuk menghindari dehidrasi pada anak daripada jenis minuman suplemen atau air karena susu kaya akan kandungan protein, karbohidrat, kalsium, dan elektrolit.

Makan Buah Yang Mengandung Banyak Air

Ingin menghindari dehidrasi dengan cara yang lezat dan tidak membuat bosan? Nikmati buah-buahan segar yang mengandung banyak air, misalnya melon, semangka, jeruk manis dan lain sebagainya. Selain rasanya enak dan mencukupi kebutuhan air, buah-buahan tersebut dapat memberi asupan nutrisi untuk menjaga stamina Anda selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan, semoga bermanfaat. (vemale.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.