Digagas GOW, 34 Pasangan Ikuti Nikah Massal di Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Digagas GOW, 34 Pasangan Ikuti Nikah Massal di Sumenep
Nikah Massal Sumenep (insert proses nikah massal)

PortalMadura.Com, – Sedikitnya 34 pasangan mengikuti proses nikah massal di gedung Korpri yang digagas Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (14/12/2016).

“Tujuan dari nikah massal ini untuk membantu masyarakat kurang mampu guna memberikan keabsahan dan kepastian hukum secara formal dengan memiliki akta nikah,” ungkap Ketua  Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Sumenep, Nia Kurnia Fauzi, pada sambutan pembukaan nikah massal.

Puluhan pasangan suami-istri tersebut, datang dari berbagai daerah di Kabupaten Sumenep. “Harapan kami, kegiatan seperti ini bisa dilakukan tidak hanya sekali ini, sehingga masyarakat yang sebelumnya hanya melaksanakan pernikahan secara siri bisa memiliki akta nikah juga,” harapnya.

Sementara, Bupati Sumenep, A Busyro Karim menyatakan, dengan nikah massal, bisa mempunyai kepastian hukum bagi pasangan dan anak-anaknya. “Mereka nanti akan mendapatkan buku nikah sebagai bukti legal yuridis dan anak-anaknya mendapatkan hak untuk memiliki akta kelahiran,” kata Bupati.

Menurutnya, nikah massal ini membawa pesan pemberdayaan perempuan. Beberapa kasus di Sumenep, perempuan menjadi korban dalam praktik nikah siri.

“Dalam kasus nikah siri, perempuan sering menjadi korban dari pasangannya. Laki-laki gampang meninggalkan perempuan, karena memang tidak ada bukti legal formal. Dengan nikah massal ini berarti menjaga martabat kaum perempuan,” tukasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.