Disambut Musik Gamelan, Wabup Sumenep Berbaur dengan Penghuni Rutan

Avatar of PortalMadura.Com
Disambut Musik Gamelan, Wabup Sumenep Berbaur dengan Penghuni Rutan
Achmad Fauzi berdiri megang kerincing, Selasa (29/11/2016)

PortalMadura.Com, – Musik gamelan (Klenengan) terdengar syahdu pada penyambutan kunjungan kerja Wakil Bupati Sumenep, ke Rumah Tahanan Negera (Rutan) Klas II B Sumenep, Selasa (29/11/2016).

Politisi PDI Perjuangan ini, langsung menghampiri para pemain gamelan yang kesemuanya warga binaan Rutan Sumenep. Dengan pakai peci nasional dan mengenakan baju yang berlaku pada hari itu, ikut membunyikan salah satu alat musik, kerincing.

Sebagai orang nomor dua di Kabupaten Sumenep, Achmad Fauzi mengaku salut dengan keterampilan seni yang dimiliki para penghuni Rutan. Ia menilai, kesenian gamelan sangat baik diterapkan kepada penghuni Rutan.

“Dari sisi budaya, gamelan sudah ada sejak raja-raja berkuasa di Sumenep. Ini memang perlu terus dikembangkan. Apalagi, seni itu diterapkan pada penghuni Rutan, sehingga yang berdarah seni dapat tersalurkan,” katanya, pada PortalMadura.Com.

Sementara, Kepala Rutan Sumenep, Ketut Akbar menjelaskan, bahwa alat musik gamelan memang disediakan untuk penghuni Rutan .

“Dengan alat musik ini para nara pidana (napi) dapat mengasah kreatifitasnya. Selain itu, agar tidak jenuh selama berada dalam pembinaan,” tandasnya. (Bahri/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.