Disdik Sumenep Harusnya Cek Bingkisan Salib Sebelum Disebar

Avatar of PortalMadura.Com
Disdik Sumenep Harusnya Cek Bingkisan Salib Sebelum Disebar
Kapolres Sumenep Pinora

PortalMadura.Com, – Kepala Kepolisian Resort Sumenep, Madura, Jawa Timur, AKBP Joseph Ananta Pinora, S.I.K mengatakan, seharusnya Dinas Pendidikan (Disdik) setempat mengecek bingkisan sebelum disebar kepada anak didik. Sebab, terlaksananya sosialisasi wawasan kebangsaan itu berdasarkan izin dari Disdik.

Orang nomor satu di lingkungan Polres Sumenep ini menanggapi yang tersebar pada siswa SDN di Kabupaten Sumenep.

“Sebelum mengeluarkan izin, Disdik seharusnya menyeleksi dulu apa kegiatannya dan apa yang akan diberikan kepada peserta sosialisasi itu. Apalagi dalam surat permohonan itu sudah dijelaskan ada pemberian bingkisan,” ungkap , Jumat (24/2/2017).

Menurut Kapolres, setiap kelompok tertentu yang akan melakukan kegiatan dan meminta izin terhadap instansi pemerintah manapun, instansi tersebut harus memastikan kegiatan itu tidak akan menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Seperti yang terjadi saat ini, kalau Disdik mengecek dengan seksama semua kegiatan dan apa saja yang akan dilakukan mungkin lebih baik,” ucapnya.

Kedepan, lanjutnya, Disdik diharapkan lebih selektif mengeluarkan izin. Tidak hanya melihat anak didik mendapatkan wawasan secara gratis, tapi dibalik itu akan menimbulkan persoalan.

“Kejadian beberapa hari terahir ini harus menjadi pelajaran bagi kita semua agar kedepan lebih selektif lagi,” harapnya.

Ia juga berharap, pelaksana kegiatan tersebut harus melihat kondisi masyarakat. Kalau ada penolakan dari masyarakat lebih baik secepatnya kegiatan tersebut dihentikan.

“Semoga kejadian ini tidak terjadi lagi dikemudian hari. Karena ini menjadi isu yang sangat sensitif,” imbuhnya.

Sebelumnya, ditemukan penyebaran bingkisan berupa topi santa, kalung salib, buku bergambar dengan tulisan happy birtday jesus dan kaos kaki bertuliskan jesus dalam pelaksanaan sosialisasi wawasan kebangsaan di sejumlah sekolah dasar di Kecamatan Manding, Sumenep. (arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.