Disebutkan dalam Alquran dan Hadis, Ini 10 Cara Menjadi Suami yang Baik

Avatar of PortalMadura.Com
Disebutkan dalam Alquran dan Hadis, Ini 10 Cara Menjadi Suami yang Baik
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap pasangan suami istri pasti mendambakan terciptanya rumah tangga yang sakinah, mawaddah warahmah. Untuk mencapai keluarga seperti itu tentu harus ada peran yang baik dari keduanya, terutama suami.

Peran seorang suami sangat mulia dihadapan Allah SWT, karena suami memiliki tanggung jawab sebagai kepala rumah tangga. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang perlu diketahui agar menjadi bagi keluarganya. Lantas bagaimana caranya?.

Berikut sepuluh cara menjadi suami yang baik:

Mempergauli Istri dengan Cara yang Maruf (Baik)
Allah berfirman: “Dan bergaullah dengan mereka (para istri) dengan baik” (QS. an-Nisa: 19). Selain itu, Ibnu Katsir berkata: “Berkatalah yang baik kepada istri kalian, perbaguslah amalan dan tingkah laku kalian kepada istri. Berbuat baiklah sebagaimana kalian suka jika istri kalian bertingkah laku demikian” (Tafsir al-Quran al-Azhim, Ibnu Katsir).

Memberi Nafkah, Pakaian dan Tempat Tinggal yang Baik
Sebagaimana firman Allah: “Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada istrinya dengan cara maruf,” (QS. al-Baqarah: 233).

Dalam firman-Nya yang lain: “Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekadar apa yang Allah berikan kepadanya” (QS. ath-Thalaq: 7).

Rasulullah bersabda, ketika haji wada: “Bertakwalah kepada Allah pada (penunaian hak-hak) para wanita, karena kalian sesungguhnya telah mengambil mereka dengan amanah Allah dan kalian menghalalkan kemaluan mereka dengan kalimat Allah (sampai perkataan beliau). Kewajiban kalian kepada istri kalian adalah memberi mereka nafkah dan pakaian dengan cara yang maruf” (HR. Muslim no. 1218).

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.