Disebutkan dalam Alquran, Ini 4 Jenis Rezeki yang Wajib Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Disebutkan dalam Alquran, Ini 4 Jenis Rezeki yang Wajib Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seperti halnya jodoh dan kematian, rezeki menjadi sebuah rahasia Allah yang tidak bisa diterka. Bahkan, perkara ini sudah ditetapkan oleh Allah sebelum manusia terlahir ke dunia. Sebab itu, seluruh makhluk perlu ikhtiar untuk menjemput rezeki-Nya termasuk umat muslim.

Perlu Anda ketahui, bahwa rezeki tidak hanya berupa materi dan uang saja. Akan tetapi juga bisa dalam bentuk lain yang mampu mendatangkan kebahagiaan.

Berikut empat yang dijelaskan dalam Alquran:

Rezeki yang Dijamin Oleh Allah dan Diberikan-Nya Untuk Seluruh Makhluk
Sebagaimana firman Allah: “Tidak suatu binatang pun (termasuk manusia) yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin oleh Allah rezekinya ”(QS. Hud).

Tidak hanya berupa harta benda, kesehatan Anda juga adalah rezeki-Nya. Demikian pula keluarga, makan, dan minum, semua adalah rezeki tingkat dasar yang Allah berikan pada setiap makhluk-Nya.

Rezeki yang Didapat Besarannya Sesuai dengan Apa yang Diusahakan
Allah SWT berfirman: “Tidaklah manusia mendapat apa-apa kecuali apa yang telah dikerjakannya” (QS. An-Najm: 39).

Tidak peduli umat muslim ataupun kafir, setiap orang memperoleh sesuai dengan yang diusahakannya. Oleh sebab itu, orang yang lebih memiliki keahlian akan mendapat rezeki lebih besar dari pada yang kurang memiliki keterampilan. Manusia perlu meningkatkan kemampuannya jika ingin memperoleh rezeki yang lebih besar darinya.

Rezeki Berupa Tambahan Nikmat Bagi Orang-orang yang Pandai Bersyukur
“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih,” (QS. Ibrahim: 7).

Itulah janji Allah bagi orang-orang yang pandai bersyukur. Orang-orang yang pandai bersyukur akan dapat merasakan kasih sayang Allah dan mendapat rezeki yang lebih banyak. Perbedaan orang bersyukur dan orang yang tidak bersyukur ada pada perasaan nikmat yang diterima.

Selain itu, orang yang pandai bersyukur bahkan sekalipun hanya mendapat sedikit, rasa syukurnya bisa membuat yang sedikit itu menjadi cukup. Sebaliknya, orang yang kufur alias tidak bisa bersyukur, sebanyak apapun rezeki yang diterimanya ia akan terus-menerus merasa kurang dan tidak puas.

Bisa dikatakan, bahwa tambahan nikmat ini adalah karunia Allah bagi yang bersyukur, dan perasaan tidak pernah puas itu merupakan ‘azab' Allah bagi orang yang tidak mampu bersyukur.

Rezeki dari Arah yang Tidak Disangka-sangka Khusus Bagi Orang yang Bertaqwa dan Bertawakal
Inilah tingkatan rezeki yang paling tinggi, yang di berikan hanya untuk orang-orang yang istimewa, yaitu mereka yang beriman dan bertaqwa.

Allah berfirman: “Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu,” (QS. Ath-Thalaq: 2-3).

Orang yang bertaqwa dan bertawakal pada Allah akan memperoleh rezeki yang tidak terduga, bahkan setiap permasalahan yang dihadapinya bisa Allah tunjukkan jalan keluarnya.

Berbeda dengan orang kafir yang mungkin tampak banyak harta, dikelilingi kemewahan dan kecantikan. Namun, senantiasa terbelit permasalahan yang membuat depresi, tersiksa dan bahkan tidak bisa merasakan ketenangan hati. (ummi-online.com/Nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.