Dua Bulan Terakhir, Penderita DBD di Sumenep Capai 50 Orang

Avatar of PortalMadura.Com
Dua Bulan Terakhir, Penderita DBD di Sumenep Capai 50 Orang
dok. dr Fatoni

PortalMadura.Com, – Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) selama dua bulan diawal tahun 2017 ini tercatat sebanyak 50 orang. Satu diantaranya meninggal dunia.

“Pada bulan Januari tercatat sebanyak 20 orang penderita dan Februari sebanyak 30 orang, satu diantaranya meninggal dunia,” kata , dr. Fatoni, Sabtu (25/2/2017).

Kendati demikian, jika dibandingkan dengan dua bulan pertama tahun 2016, jumlah penderita DBD itu relatif turun. Karena, ditahun 2016 dan bulan yang sama jumlah penderita DBD mencapai ratusan orang.

“Kalau dibandingkan dengan tahun lalu ada penurunan. Karena tahun lalu sangat banyak, bahkan ratusan,” paparnya.

Untuk menghindari bertambahnya penderita DBD itu, Dinkes mengaku telah melakukan pengasapan disekitar rumah penderita penyakit DBD tersebut agar tidak sampai terjadi jatuh korban lagi.

“Sudah dilakukan fogging, masyarakat harus tetap waspada terhadap penyakit DBD tersebut, jaga kebersihan lingkungan,” harapnya.

Ia juga menyatakan, virus yang mengakibatkan demam berdarah itu bisa diantisipasi dengan cara membasmi jentik. Hal itu bisa dilakukan oleh masyarakat sendiri, tidak harus menunggu perintah dari pemerintah.

“Ini tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah. Lebih baik mencegah dari pada mengobati,” imbuhnya.

Lebih lanjut Fatono menerangkan, mencegah berkembangnya penyakit DBD itu bisa dilakukan dengan menerapkan 3M, yakni menutup, menguras dan mendaur ulang.

“Kalau masyarakat ikut mendukung pembasmian jentik itu, maka penyakit DBD bisa diantisipasi,” tukasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.