Dua Tahun Gelap, Warga Desa Gua-gua Kecamatan Raas Sumenep Keluhkan Jaringan Listrik

Avatar of PortalMadura.Com
Dua Tahun Gelap, Warga Desa Gua-gua Kecamatan Raas Sumenep Keluhkan Jaringan Listrik
Kepala Desa Gua-gua Pulau Raas, H. Sakrani

PortalMadura.Com, – Warga Desa Gua-gua Kecamatan Raas Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengeluhkan jaringan listrik. Pasalnya, sejak pertengahan tahun 2015 sampai Bulan Februari 2017 ini warga setempat tidak mendapatkan penerangan listrik karena dua unit mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) bantuan PT KEI rusak.

“Pada tahun 2013 kami mendapatkan bantuan 2 unit mesin PLTD dari PT KEI, namun ditengah perjalanan tidak terlalu lama, satu mesin mati dan disusul satu mesin lainnya juga mati sampai sekarang,” Kata Kepala Desa Gua-gua Pulau Raas, H. Sakrani. Kamis (2/3/2017).

Menurutnya, bantuan mesin dari PT KEI itu digunakan untuk satu Desa Gua-gua yang memiliki 1.700 Kepala Keluarga (KK). Disana awalnya listrik bisa menyala 11 jam dari sore hingga pagi hari.

“Setelah rusak, kami sudah berkali-kali memberitahukan ke pemerintah daerah dan KEI, tapi tidak ada tindak lanjut mengenai perbaikannya,” ucapnya.

Pada saat mesin PLTD itu berfungsi, biaya operasionalnya dibebankan pada warga setempat. Setiap harinya biaya operasional untuk satu mesin itu membutuhkan Rp 200.000.

“Jadi, untuk memenuhi biaya operasional, warga harus membayar Rp 40 ribu untuk satu lampu dan untuk TV sebesar Rp 50 ribu dalam setiap bulannya,” tegasnya.

Selama ini, pihaknya mengaku hanya bisa berharap agar pemerintah daerah maupun PT KEI memperhatikan kondisi masyarakat Gua-gua dalam kebutuhan listrik.

“Harapan kami, pemerintah maupun KEI mencarikan solusinya agar kebutuhan listrik warga bisa terpenuhi,” harapnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.