Eratkan Ukhuwah, Ponpes Terpadu Prof DR Hamka Adakan Tur Wisata

Avatar of PortalMadura.Com
Eratkan Ukhuwah, Ponpes Terpadu Prof DR Hamka Adakan Tur Wisata
Kegiatan wisata

PortalMadura.Com, – Memasuki usia seperempat abad, Pondok Pesantren (Ponpes) Terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka punya cara berbeda untuk memperingatinya.

Seluruh ustaz dan ustazah, guru, karyawan serta karyawati, beserta seluruh santri dan santriwati pesantren yang beralamat di Jalan Raya Padang-Bukittinggi km. 28 Pasar Usang, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat ini turut serta membaur dalam ke Lembah Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota dan dilanjutkan ke Kota Bukittinggi.

“Sudah cukup lama pesantren ini berdiri, hal yang patut rasanya bila seluruh keluarga besar pesantren berwisata bersama demi memupuk rasa ukhuwah islamiah, sebagai bentuk peringatan seperempat abad usia pesantren,” terang Pimpinan Pondok Pesantren Ustaz Najimuddin dalam rilisnya, diterima Redaksi PortalMadura.Com, Minggu (9/10/2016).

Tur tersebut juga diharapkan dapat menghilangkan kejenuhan para santri dan santriwati dengan berbagai kegiatan yang padat siang maupun malam.

“Sembilan bus pariwisata kita sediakan untuk para santri dan santriwati dengan didampingi oleh para pendamping yang sudah ditentukan. Kita juga bekerja sama dengan pihak Kapolsek Batang Anai. Satu unit mobil kepolisian diutus untuk mengawal selama perjalanan,” ujarnya.

Di lokasi wisata Lembah Harau, para santri dan santriwati dipandu oleh para pembina Pramuka untuk mengikuti berbagai kegiatan guna melatih mental dan kekompakan mereka.

Selain itu, mereka juga dapat menguji nyali melalui flying fox yang tersedia di sana. Tidak hanya itu, mereka juga dibolehkan mandi di bawah air terjun dari tebing bebatuan tinggi yang eksotik dengan dikelilingi pemandangan asri dan sejuk.

“Selesai kegiatan Pramuka, kita bertolak ke objek wisata Jam Gadang. Salat Magrib dan makan malam di sana. Selepas itu, kegiatan bebas. Namun para santri dan santriwati tetap di bawah pengawasan para pendamping,” Demikian instruksi Ustaz Indra Saputra selaku ketua panitia.

Seluruh rombongan dengan jumlah mendekati tiga ratus orang itu meninggalkan objek wisata Lembah Harau dan jelang magrib sudah berada di Bukittinggi.

Ukhuwah kian terasa erat saat seluruh rombongan makan malam bersama di bawah Jam Gadang dengan membentuk lingkaran, menyantap hidangan di bawah kerlap-kerlip lampu taman dan aneka ragam hiburan dan pedagang.

Lalu, rombongan beranjak meninggalkan kota Bukittinggi menuju Padang Pariaman. “Meski Lembah Harau gersang karena kemarau, meski hujan saat berada di Pasar Atas Bukittinggi, bahkan juga saat sampai di pesantren, namun kita semua menikmatinya. Semoga ukhuwah kian erat,” ujar Ketua asrama putri, Ustazah Hasna Desi Arepa. (Yusrina Sri/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.