Tak Berkategori  

Fenomena Langka! 5 Planet Ini Akan Terlihat Sejajar di Malam Agustus

Avatar of PortalMadura.Com
Fenomena Langka! 5 Planet Ini Akan Terlihat Sejajar di Malam Agustus
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebuah fenomena langka akan menghiasi langit pada akhir Agustus 2016. Jika Anda merupakan penggemar hal-hal berbau astronomi, maka Anda perlu menyaksikan lima planet di tata surya akan berada dalam satu garis sejajar.

Dikutip PortalMadura.Com, Minggu (24/7/2016) dari laman suara.com, Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, dan Saturnus akan ‘berbaris’ lurus. Barisan rapi planet-planet itu dapat diamati dari Bumi dengan mata telanjang.

Menurut astronom dari Swinburne University of Technology, Australia, Alan Duffy, formasi planet-planet itu akan terlihat lebih jelas oleh para penghuni Khatulistiwa, termasuk dari Indonesia.

Di kawasan ini barisan lima bintang itu akan berbaris tegak dari garis horison. Sementara yang berada lebih dekat ke kutub, akan melihat barisan planet itu lebih rendah, lebih dekat ke cakrawala.

“Planet yang berada lebih dekat dengan Matahari, seperti Merkurius dan Venus, akan lebih sukar dilihat. Jadi sebaiknya tunggu sampai matahari benar-benar terbenam untuk melihat mereka,” kata Duffy.

Ia juga menjelaskan bahwa tahun ini adalah kesempatan terakhir umat manusia untuk melihat kelima planet itu dengan mata telanjang pada malam hari sampai peluang yang sama kembali datang pada 2018. (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.