FoldiMate, Mesin Robot Yang Bisa Melipat dan Menyetrika Baju

Avatar of PortalMadura.Com
FoldiMate, Mesin Robot Yang Bisa Melipat dan Menyetrika Baju
ilustrasi (banyakbaca.com)

PortalMadura.Com – Melipat dan menyetrika baju sering menjadi mimpi buruk bagi banyak keluarga. Apalagi jika anggota keluarga sangat banyak, sehingga pekerjaan ini pun memakan banyak waktu dan menjenuhkan.

Kini, ada kabar bahagia bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu membereskan pakaian-pakaian bersih yang menumpuk. Baru-baru ini, sebuah perusahaan start up di kota San Fracisco, negara bagian California, menciptakan perangkat yang dapat meringankan tugas tersebut. Mesin canggih ini diberi nama ‘FoldiMate’.

FoldiMate hadir dengan sebuah mesin robot yang dapat melipat baju secara otomatis setelah selesai dicuci dan dikeringkan. FoldiMate bekerja melalui penggunaan sebuah mesin khusus yang terdiri atas beberapa bagian untuk melipat pakaian dan juga dilengkapi dengan uap untuk menghilangkan kerut pada pakaian.

Untuk menggunakan mesin ini pun cukup hanya dengan menjepit baju yang telah dicuci ke rak yang menjadi bagian dari mesin yang terletak di luarnya. Kemudian, Anda perlu menekan sejumlah tombol untuk menentukan jenis pakaian yang ingin Anda lipat.

Selain itu, FoldiMate hanya perlu sekitar 10 detik untuk melipat baju. Perlu tambahan 20 hingga 30 detik untuk menghilangkan kusut pada pakaian. Namun, mesin ini hanya dapat menampung 15 hingga 20 pakaian untuk melipat dan tidak bisa menangani semua pakaian yang ada di dalam keranjang cucian. Maksudnya, pengguna masih harus melipat sendiri handuk, pakaian dalam, dan kaos kaki.

FoldiMate berukuran, tinggi 81 cm dan lebar 71 cm, mesin robotik ini merupakan sebuah mesin yang sangat simple dan mudah untuk ditaruh di ruang cuci. Beratnya pun hanya seberat 29.5 kg, dengan seberat ini Anda bisa memindahkannya ke ruang yang Anda inginkan. Alat ini juga dirancang untuk ditaruh di atas mesin cuci, mesin pengering, atau meja yang kokoh. Perusahaan ini menawarkan aksesori berupa meja beroda supaya perangkat ini bisa dibawa-bawa ke tempat biasanya pengguna melipat pakaian.

Mengenai Harga, FoldiMate dijual dengan harga fantastis yakni US$850 sekitar Rp 11,4 juta. Mesin ini sebenarnya telah ada secara komersial sejak 2014, tapi perusahaan berusaha membuat versi yang lebih ramah bagi keluarga dan diperkirakan memasuki pasar pada 2017. (Berbagaisumber/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.