Gali Potensi Wisata, Bupati Sumenep: Keterlibatan Masyarakat Setempat Jadi Skala Prioritas

Avatar of PortalMadura.Com
Sensasi Snorkeling di Gili Labak
Sensasi snorkeling di Gili Labak

PortalMadura.Com, – Pembangunan sektor pariwisata Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus digalakkan oleh pemerintah daerah seiring dengan menyambut ‘Tahun Kunjungan 2018' ().

Dalam pengembangan wisata tersebut, pemerintah daerah berupaya maksimal agar masyarakat setempat terlibat langsung untuk menuju tercapainya kesejehteraan hidup masyarakat. “Program kami, keterlibatan masyarakat setempat menjadi skala prioritas,” tegas Bupati Sumenep, A Busyro Karim, Sabtu (3/6/2017).

Dikatakan, pembangunan sektor pariwisata tidak mungkin melepaskan masyarakat, tapi harus melibatkan masyarakat secara langsung. Otomatis, manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat itu sendiri.

“Jangan sampai masyarakat setempat menjadi penonton, tapi harus menjadi pelaku disektor pariwisata. Masyarakatlah yang harus menjadi pengusaha wisata, jangan sampai orang luar,” ujarnya.

Dengan keterlibatan masyarakat setempat, selain akan berdampak positif pada perekonomian, juga dapat menyelamatkan budaya lokal. “Kearifan lokal itu harus dijaga bersama-sama oleh semua komponen masyarakat. Siapa lagi jika tidak kita sendiri yang menjaga budaya lokal,” ucapnya.

Pada tahun kunjungan wisata Sumenep 2018, terdapat dua destinasi wisata unggulan, yakni Giliyang dengan potensi oksigen terbaik kedua dunia setelah Yordania dan Gili Labak dengan keindahan lautnya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.