Gempa Bumi Berkekuatan 6,2 Skala Richter Guncang NTT, NTB dan Bali

Avatar of PortalMadura.Com
Gempa Bumi Berkekuatan 6,2 Skala Richter Guncang NTT, NTB dan Bali
Gempa Bumi Sumba

PortalMadura.Com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (), melaporkan dengan kekuatan 6.2 Skala Richter (SR) dengan ke dalaman 98 km di Selatan Pulau Sumba terjadi sekitar pukul 05.30 WIB, Jumat (30/12/2016).

“Hasil monitoring, satu jam kemudian, kembali terjadi satu gempa bumi susulan dengan kekuatan M=4,4,” terang Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Mochammad Riyadi, dalam keterangan tertulis.

Dijelaskan, gempa bumi tidak akan menimbulkan tsunami meski berpusat di laut, karena kekuatannya tidak cukup kuat untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Berdasarkan hasil analisis tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi  dapat  berdampak kerusakan ringan (Skala  intensitas  II-III SIG BMKG yang setara dengan V-VI MMI) di daerah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi,  seperti Sumba bagian barat dan utara, serta daerah Bima bagian selatan.

Selain itu, gempa bumi ini juga dirasakan luas di wilayah lain dengan intensitas lebih kecil antara II SIG BMKG atau III MMI di Lombok, Sumbawa Barat, Sumbawa Timur, Ende, dan Ende, dan Maummere.

Dikatakan, berdasarkan posisi dan kedalamannya, gempa bumi berkedalaman menengah yang terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng.

Dalam hal ini Lempeng Indo-Australia menyusup ke bawah Lempeng Eurasia dengan laju 67 mm/tahun dan memicu deformasi batuan pada slab lempeng Indo-Australia di Zona Benioff pada kedalaman 98 km di bawah cekungan Lombok (Lombok Basin).

“Dari hasil pemodelan tsunami dan analisis menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi  tsunami dan memiliki mekanisme Oblique (Naik-Geser),” tandasnya.(BMKG/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.