Guys, Begini Tips Mudah Atur Arah Semprotan Air Wiper Mobil Anda

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Begini Tips Mudah Atur Arah Semprotan Air Wiper Mobil Anda
ilustrasi

PortalMadura.Com pada berfungsi membersihkan kaca depan mobil dari kotoran yang menghalangi pandangan saat mengemudi. Untuk itu, pemilik kendaraan perlu memberikan perhatian lebih pada komponen ini.

Sebagaimana menurut pemilik salah satu bengkel di Kota Serang, Banten, Rangga, bahwa wiper memiliki umur pakai enam bulan, dan harus diganti secara berkala agar tidak bikin baret kaca akibat karet yang sudah mengeras.

Akan tetapi, yang sering diabaikan oleh pemilik mobil adalah pompa washer wiper atau semprotan air wiper. Supaya semprotan air wiper bekerja optimal, perhatikan bagian penampungan air dan alat penyemprotnya.

Selain itu, seorang pemilik bengkel dan aksesoris mobil di bilangan Bekasi Barat, Jawa Barat, Yudi, juga menyarankan untuk mengecek apakah pompa washer masih bekerja dengan baik. Cara mengetahuinya pun mudah, yaitu dengan menyalakan penyemprot air melalui tuas yang berada di dalam kabin. Apabila motor atau dinamo masih mengeluarkan bunyi, itu artinya pompa washer masih berfungsi.

Namun, tahukah Anda jika menyetel semprotan di kaca depan mobil juga ada triknya, dan bukan hanya asal air menyemprot ke kaca. Pereli Indonesia, Rifat Sungkar, yang punya jam terbang hingga ajang reli dunia memberikan beberapa cara menyetel semprotan air wiper yang benar di mobil.

“Saya berbicara tentang pengalaman saja, baik itu di ajang reli atau saat berkendara di jalan raya. Harusnya titik jatuhnya air wiper di kaca depan mobil, diatur dan disesuaikan dengan kesejajaran pandangan pengendara ke jalanan. Itu baru tepat sesuai dengan refleks yang diinginkan pengendara,” ungkap Rifat.

Untuk menyesuaikan penyemprot air wiper caranya mudah, cukup gunakan jarum atau peniti untuk mengarahkannya. Dengan menusukan jarum ke saluran air di corong bagian luar di kap mobil, sekaligus membersihkan saluran air dari kotoran atau kerak yang menyumbat. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.