PortalMadura.com

Guys, Ini 3 Cara Cerdas yang Bisa Bikin Anda Terus Tertarik Baca Buku

  • Sabtu, 19 Agustus 2017 | 07:00
Guys, Ini 3 Cara Cerdas yang Bisa Bikin Anda Terus Tertarik Baca Buku
ilustrasi

PortalMadura.Com – Buku merupakan benda yang sangat menarik menurut sebagian orang. Mereka percaya apa yang tertulis di dalamnya adalah keajaiban. Dengan benda ini, hal-hal yang tidak diketahui sebelumnya akhirnya akan terungkap.

Tidak heran, banyak orang yang pergi ke perpustakaan atau ke toko buku untuk mendapatkan buku yang dicarinya. Sebenarnya, ketertarikan terhadap buku bisa karena sisi personal penulisnya, ilustrasi yang menarik dari sampul buku ataupun isi buku itu sendiri, atau karena memang penasaran sebab buku itu ramai dibicarakan orang.

Ketika pada akhirnya buku itu sudah ada di tangan untuk dibawa pulang, bagaimana dengan nasib buku Anda?. Apakah buku itu benar-benar dibaca, atau sekadar menjadi aksesori yang diletakkan di meja kopi, di dalam tas atau di samping tempat tidur?.

Pasti bukan itu maksud sesungguhnya untuk memiliki sebuah buku. Memang perlu komitmen untuk bisa membaca sebuah buku sampai selesai.

Berikut tiga cara cerdas untuk buat Anda benar-benar berhasil membaca buku:

Meluangkan Waktu untuk Membaca
Jika Anda sudah meniatkan diri untuk bisa membaca habis sebuah buku Anda perlu untuk menyediakan waktu untuk itu. Setiap hari Anda perlu meluangkan waktu untuk membaca 15 menit atau berdasarkan halaman yang Anda mampu.

Jika konsisten membaca sesuai waktu yang Anda sediakan pada akhirnya Anda bisa benar-benar mampu membaca habis buku yang Anda punya. Keberhasilan membaca sebuah buku sampai selesai menjadi kesenangan tersendiri karena Anda berhasil membuktikan kedisiplinan diri dalam menuntaskan sebuah hal termasuk membaca buku.

Siapkan Tas Berisi Buku
Ada beberapa barang yang tidak pernah lupa Anda bawa setiap harinya. Bisa kunci kendaraan, buku jurnal, dompet atau ponsel. Jika Anda berkomitmen untuk menjadikan membaca sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari jangan lupa siapkan pula tas berisi buku yang siap dibawa kemana pun.

Buku ini bisa dibaca kapan pun Anda punya waktu luang. Saat di kendaraan, istirahat makan siang atau saat sedang menunggu.

Membuat Daftar Buku Bacaan
Saat punya keinginan untuk segera membaca, seseorang kadang tidak tahu harus memulainya dari mana. Apa buku yang harus dibaca, siapa pengarang buku yang membuat Anda tertarik membaca buku dan buku apa yang sebenarnya Anda butuhkan.

Oleh karena itu, agar tidak membuang waktu dalam kebingungan, buku apa yang harus dibaca, Anda perlu membuat daftar buku bacaan. Atau Anda pun dapat melakukan riset dengan mencari daftarnya di internet.

Jangan terlalu banyak mendaftar judul buku untuk jadi pilihan. Mungkin untuk kurun waktu setahun Anda bisa mendaftar 10 sampai 20 judul buku yang akan dibaca.

Nah, tiga cara di atas semoga bisa membantu Anda untuk benar-benar menjadikan buku sebagai bahan bacaan yang membuka wawasan berpikir dan menjadikan Anda lebih kaya pengetahuan. Kuncinya adalah disiplin. (liputan6.com/Salimah)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional