Guys, Ini 4 Tips Jitu Atur Keuangan Saat Anda Kuliah Sambil Bekerja

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini 4 Tips Jitu Atur Keuangan Saat Anda Kuliah Sambil Bekerja
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Melanjutkan kuliah merupakan harapan sebagian orang. Karena dengan begitu seseorang bisa lebih berintelektual, beriman dan kritis akan segala sesuatu yang ada di lingkungan. Akan tetapi tidak semua orang bisa menikmati itu lantaran biaya yang tidak cukup. Walaupun memiliki potensi dan bakat biasanya seseorang harus berpikir dua kali untuk melanjutkannya. Tidak heran apabila sebagian orang memilih untuk sambil bekerja agar bisa melanjutkan kuliahnya.

Namun saat seseorang harus membagi waktu antara pekerjaan dan kuliah terkadang mereka merasa bingung harus mengatur keuangannya. Nah, jika hal itu terjadi Anda tidak perlu khawatir Berikut ini ada tips mengelola uang disaat Anda bekerja sambil kuliah.

Catat Pengeluaran Harian
Catatlah pengeluaran Anda dalam sehari. Mulailah secara lebih rinci di mulai dari ongkos pergi dan pulang, biaya makanan untuk 1 hari, dan keperluan tidak terduga lainnya yang harus dipersiapkan dalam sehari. Jika perlu Anda harus membuat gagasan, misalnya hanya boleh mengeluarkan 50 ribu rupiah dalam sehari. Dengan seperti itu, keuangan akan lebih terkontrol dan Anda tidak akan menghambur-hamburkan uang lagi.

Buat Anggaran
Buatlah Anggaran secara lebih rinci. Anggaran di sini adalah anggaran untuk melanjutkan kuliah. Hitunglah biaya kuliah mulai dari biaya kos jika memang harus ngekos, hitunglah biaya transport dari kantor ke kampus Anda, dan hitunglah biaya semesteran yang harus dibayarkan. Jika sudah seperti itu buatlah dengan skala bulanan agar Anda tidak terlalu repot dalam merancang anggaran yang harus dicukupi.

Membuat anggaran ini juga membantu Anda untuk lebih fokus membayar yang jumlahnya paling besar. Kita simpulkan pasti biaya semesteranlah yang jumlahnya paling besar. Jadi Anda bisa prioritaskan membayar biaya semesteran terlebih dahulu.

Hitung Pemasukan
Bagi yang sudah bekerja, maka otomatis Anda mempunyai penghasilan tetap tiap bulannya. Penghasilan ini yang akan menyambung biaya kuliah S2. Anda harus melihat kembali anggaran yang sudah dibuat, ketika melihat anggaran yang sudah dibuat, maka bekerjalah lagi. Anda pasti akan lebih semangat bekerja karena tujuan utamanya yaitu untuk melanjutkan kuliah. Semangat itu penting ketika bekerja, siapa tahu karena semangat, bos di kantor akan menaikkan gaji Anda.

Di samping itu, jika sudah punya penghasilan tetap, maka tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan ini sekarang sudah banyak kok. Jika Anda gemar menulis, maka bisa menjadi seorang content writer yang gajinya juga lumayan untuk menutupi pengeluaran bulanan. Pekerjaan-pekerjaan sampingan ini lah yang paling memberikan banyak profit. Salah satunya bisa menambah pengalaman dan juga menambah pundi-pundi rupiah yang Anda dapatkan.

Patuhi Anggaran yang Sudah Dibuat
Jika sudah membuat rencana anggaran, maka Anda harus konsisten dalam membayar anggaran itu. Misalnya anggaran tiap bulan adalah sebesar Rp2  juta, maka Anda harus sisihkan penghasilan sebesar Rp 2 juta setiap bulannya. Ini penting agar Anda tidak keteteran untuk membayar biaya kuliah.

Itulah beberapa tips agar Anda bisa dengan baik saat . Selamat mencoba dan semoga cara ini bisa bermanfaat bagi Anda. (suara.com/lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.