Guys, Ini 5 Cara Tepat Pilih Kamera Smartphone

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini 5 Cara Tepat Pilih Kamera Smartphone
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini banyak pengguna smartphone yang lebih utama memilih kualitas kamera. Hal ini efek dari tren selfie yang masih kuat, sehingga membuat produsen ponsel berlomba-lomba menghadirkan kamera ponsel dengan kualitas terbaik.

Bahkan tidak hanya sampai di situ, kini tren sudah mulai bergeser ke penggunaan dua kamera. Akan tetapi, bagaimana Anda mengetahui kualitas kamera pada sebuah ponsel?. Tentu saja Anda tidak bisa mengandalkan janji manis pada iklan yang ditawarkan produsen ponsel. Untuk lebih mudahnya, ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih kamera di ponsel.

Berikut lima patokan dalam memilih kamera ponsel:

Sensor
Sebelum memilih ponsel berdasarkan merek, ada baiknya Anda memperhatikan jenis sensor kamera yang digunakan pada ponsel yang Anda incar. Sensor merupakan komponen utama untuk menangkap pantulan cahaya yang nantinya diterjemahkan dalam bentuk gambar digital.

Semakin sensitif sebuah sensor, maka kemampuan menangkap cahayanya akan semakin baik dan hasil fotonya akan semakin bagus. Hal ini, karena ponsel bisa menterjemahkan setiap cahaya yang tertangkap.

Megapixel
Satuan megapixel memang sering ditampilkan di spesifikasi kamera ponsel, bahkan menjadi bahan oleh beberapa produsen ponsel sebagai patokan kualitas foto.

Nyatanya, megapixel merupakan satuan resolusi yang artinya semakin besar nilainya maka Anda akan mendapatkan foto dengan resolusi yang juga semakin besar. Masalahnya, ukuran sensor pada kamera ponsel sangat kecil sehingga sebenarnya kurang cocok jika memiliki resolusi atau megapixel besar.

Menurut Digital Photo Secrets, jika Anda hanya menggunakan foto ponsel untuk kegiatan di media sosial, maka resolusi 5MP sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Flash
Flash merupakan salah satu fitur cukup penting yang sering diabaikan. Dalam kondisi gelap, flash bisa membantu Anda mendapatkan foto lebih baik. Tidak hanya itu, flash juga bisa membuat objek foto terlihat lebih jelas ketika ditempatkan dengan posisi latar belakang penuh cahaya (backlight).
Memilih ponsel dengan lampu flash khusus akan membuat Anda bisa berkreasi secara lebih leluasa dan menghasilkan foto yang lebih baik.

Aperture
Aperture atau bukaan (rana) pada lensa merupakan faktor yang bisa menentukan kualitas foto di sebuah kamera ponsel. Semakin besar bukaan pada lensa, semakin banyak cahaya yang masuk.

Hasilnya, foto akan semakin detail dan Anda juga bisa mendapatkan efek bokeh yang lebih baik. Besarnya aperture ditandai dengan tulisan seperti f/1.9 atau F1.9. Semakin kecil angkanya, semakin besar bukaan lensanya.

Aplikasi Kamera
Aplikasi kamera merupakan hal terakhir yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih ponsel. Ragam aplikasi biasanya tergantung pada jenis ponselnya dan beberapa produsen bahkan menawarkan fotur khusus seperti beautificaton pada aplikasi kameranya.

Namun, pastikan mode profesional atau manual ada di aplikasi kamera ponsel yang Anda incar. Sebab, menggunakan mode profesional atau manual memungkinkan Anda untuk mengatur fokus, shutter speed, hingga ISO. Jika Anda mengerti dasar fotografi, mengatur faktor tersebut bisa membuat Anda menghasilkan foto lebih unik dan menarik. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.