Guys, Ini 5 Tips Efektif Tetap Produktif di Kantor Saat Puasa

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini 5 Tips Efektif Tetap Produktif di Kantor Saat Puasa
ilustrasi

PortalMadura.Com – Berpuasa tidak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan di kantor dan mengabaikan tanggung jawab. Terkadang, rasa mengantuk dan malas lebih sering datang dan menjadi cobaan tersendiri. Namun, Anda harus tetap produktif dan fit serta semangat di tempat kerja.

Pasalnya, menyelesaikan pekerjaan tetap merupakan kewajiban Anda. Untuk itu, Anda perlu mengatur menu makan saat sahur, dan mengatur aktivitas Anda agar bisa tetap .

Berikut lima cara tetap produktif di kantor saat berpuasa:

Jaga Asupan Nutrisi
Agar energi Anda tetap terjaga, atur porsi dan menu makanan berbuka dan sahur. Pastikan menu makanan Anda cukup bernutrisi dan lengkap akan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan makanan yang termasuk karbohidrat kompleks sehingga proses pencernaan lebih lama dan perut tidak mudah lapar. Jangan lupa minum air putih yang banyak di malam hari, agar Anda tidak dehidrasi saat .

Rencanakan Tugas Harian Anda
Dengan merencanakan tugas-tugas yang harus Anda kerjakan dalam sehari akan membantu Anda tetap produktif dan fokus. Di pagi hari sebelum memulai aktivitas kantor, tulislah daftar tugas harian Anda. Berpuasa tidak harus menjadi alasan Anda melalaikan tugas di kantor.

Hindari Ngerumpi dan Bergosip
Kebiasaan bersosialisasi dengan rekan kantor memang bisa mengakrabkan Anda, namun bisa berpotensi membuang-buang waktu. Apalagi bergosip merupakan hal yang bisa merusak pahala ibadah. Energi Anda pun bisa berkurang dengan bergosip.

Lebih baik manfaatkan waktu istirahat di kantor dengan membaca buku selama bulan ramadan.

Jangan Melakukan Aktivitas Berat
Selama puasa, energi yang ada dalam tubuh Anda menjadi berkurang karena tidak makan dan minum selama beberapa jam. Usahakan tidak melakukan aktivitas berat yang membutuhkan banyak tenaga.

Tubuh Anda bisa kelelahan dan akan mengurangi produktivitas Anda di kantor. Jika energi Anda sudah habis, akibatnya tugas-tugas Anda akan terabaikan.

Istirahat dengan Tidur Siang Secukupnya
Jika biasanya jadwal istirahat Anda terpakai untuk mengisi perut, saat berpuasa pakailah jadwal istirahat Anda untuk tidur siang secukupnya.

Hal itu bisa membantu Anda memulihkan tenaga dan bisa kembali melanjutkan aktivitas di kantor. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.