Guys, Jangan Cuci Velg Kendaraan Anda Pakai Sabun Colek dan Deterjen

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Jangan Cuci Velg Kendaraan Anda Pakai Sabun Colek dan Deterjen
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Merawat kendaraan dengan baik menjadi tanggung jawab yang perlu dilakukan agar mobil atau sepeda motor yang ditumpangi tetap terjaga kualitasnya. Salah satunya yaitu dengan membersihkan area velg.

Sebagian orang yang ingin membersihkan kendaraannya biasanya menggunakan sabun colek atau deterjen. Padahal, jenis sabun ini tidaklah baik bagi velg Anda. Bukannya tambah kinclong atau bersih tapi justru menjadi kusam.

Sebagaimana menurut situs Garda Oto, ada baiknya tidak menggunakan sabun colek atau deterjen. Pasalnya, sabun colek disebut mengandung lemak nabati yang berpotensi lengket dan menempel di velg.

Tidak hanya itu, sabun colek juga bersifat adhesif atau mengikat zat lain, sehingga membuat velg justru menjadi kusam. Sementara untuk deterjen memiliki sifat panas dan korosif. Bahkan jika terkena kulit, pasti terasa panas.

Jadi, jika lapisan luar velg yang selama ini dicuci menggunakan deterjen, maka tidak menutup kemungkinan bagian yang awalnya terlihat mengkilap bisa terkikis.

Oleh karena itu, usai membersihkan velg ada baiknya dilakukan pemolesan. Hanya saja jangan gunakan zat pemoles sembarangan, gunakan krim atau cairan wax khusus velg dengan kualitas tinggi. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.