PortalMadura.com

Guys, Kenali Bahaya Jika Anda Cuci Mobil Pakai Spons

  • Sabtu, 8 Juli 2017 | 15:00
Guys, Kenali Bahaya Jika Anda Cuci Mobil Pakai Spons
Ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Saat Anda melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil tentunya setelah itu diperlukan perawatan pada kendaraan. Bukan hanya pada area mesinnya saja tapi juga kebersihan mobil.

Apalagi, saat mobil melewati medan lumpur tentunya harus ekstra dalam membersihkannya. Karena, ada banyak kotoran yang pasti menempel. Hal ini perlu dilakukan tidak lain hanya untuk tetap menjaga kendaraan roda empat agar terawat dan awet.

Sebagaimana Penggawa Mobster Detail Studio, Oktavianus menyarankan agar pemilik mobil segera mencuci sehabis digunakan untuk mudik atau perjalanan jauh. Apalagi jika daerah yang ditempuh memiliki medan berlumpur. Mencuci sendiri pun bisa dilakukan di rumah. Caranya, pertama bersihkan terlebih dahulu bagian kolong mobil, fender, ban dan pelek agar kotoran ekstrem tidak mengotori bagian lain.

“Dan tidak terjadi jamur air di bodi jika terlambat mengeringkan. Gunakan peralatan yang berbeda untuk membersihkan bodi,” kata Oktavianus.

Setelah bagian fender, ban dan pelek bersih, lalu lanjutkan pembersihan ke cuci bodi mobil. Basahi terlebih dahulu bodi secara keseluruhan agar lumpur terlepas dan melunak. Setelah dibasuh air baru bersihkan bodi dengan sabun atau shampo khusus kendaraan dimulai dari atas, tengah dan bawah.

Said Abdullah

“Gunakan kain berbahan microfiber untuk meminimalisir baret. Jangan gunakan chamois atau spons untuk membasuh shampo karena ini penyebab utama baret rambut,” ujarnya.

Kemudian, bilas kain microfiber setiap selesai pengerjaan per panel agar kotoran yang menempel tidak berpindah ke panel lainnya. Setelah usai melaburi shampo, bilas dengan air mengalir mulai dari atas, tengah dan bawah.

“Setelah usai, keringkan kendaraan menggunakan kain pengering berbahan microfiber juga. Pastikan kendaraan benar-benar kering agar tidak terjadi flek atau jamur air di bodi kendaraan. Jangan lupa membersihkan tutup bensin, sela pintu, dan area mesin,” tuturnya.

Jika Anda ingin hasil maksimal, Anda bisa melakukan finishing dengan bahan seperti spray wax. Sehabis perjalanan jangan lupa juga melakukan penyedotan debu untuk area interior kendaraan.

“Mencuci mobil sendiri sehabis perjalanan itu mudah dilakukan, hanya saja ada caranya, karena jangan sampai mobil itu baret atau berkarat karena mencucinya tidak benar,” kata dia. (viva.co.id/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional