Hai Bunda, Yuk Ajak Si Kecil Senam Otak untuk Asah Memorinya

Avatar of PortalMadura.Com
Hai Bunda, Yuk Ajak Si Kecil Senam Otak untuk Asah Memorinya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain nutrisi yang mencukupi, stimulasi dibutuhkan untuk menunjang kecerdasan otak si kecil. Nah, salah satu cara simpel yang bisa dilakukan para bunda yakni dengan memberi senam otak pada si kecil.

Ternyata senam otak atau Brain Gym juga dibutuhkan oleh -anak lho Bunda. Tidak terkecuali si Kecil yang masih berusia di bawah lima tahun. Dengan senam otak, anak akan menjadi cerdas dan mampu mengkoordinasikan fungsi otak dan gerakan tubuhnya dengan baik. Sehingga gerakan motorik halus dan kasarnya bisa lebih seimbang. Bila mampu mengunakan otak dan tubuh dengan baik, maka dia akan sanggup menyelesaikan semua masalah yang dihadapinya.

Nah, berikut beberapa jenis kegiatan senam otak untuk anak-anak. Bunda bisa mengajak si Kecil melakukannya bersama-sama.

Mengambar dengan Dua Tangan (Double-Doodle)

Berikan si Kecil dua alat tulis di tangan kanan dan kirinya. Kemudian minta dia mengambar sebelah menyebelah secara bersamaan. Cara ini bisa membangkitkan fokus dan orientasi ruang karena terkait dengan garis tengah tubuh. Kegiatan ini melatih kemampuan kedua mata secara bersamaan, dan pengembangan koordinasi tangan untuk keterampilan menulis.

Abjad 8 (Alphabet 8's)

Ajak si Kecil membuat simbol 8 dalam posisi tidur. Bentuk angka 8 ini mewakili dasar pembuatan huruf-huruf yang ada dalam alfabet. Misalnya, untuk membuat huruf “a”, “c”, “d” dan “e”, anak harus bisa lancar membuat bentuk lengkung ke kiri. Sedangkan saat menulis simbol huruf “b”, “n”, dan “p”, dia akan lebih banyak menggores ke arah kanan. Gerakan yang dilakukan saat membuat angka 8 dalam posisi tidur akan mengasah si Kecil untuk menulis lebih otomatis. Aktivitas ini juga memacu otaknya untuk berpikir kreatif.

Gerak Diagonal

Bunda bisa mengerakkan kaki kanan dan tangan kiri secara bersamaan. Gerakkan badan ke depan, ke samping, ke belakang dan arahkan mata ke semua jurusan. Ajak si Kecil untuk menirukan Bunda. Mungkin awalnya dia akan kesulitan untuk mengikuti. Namun Bunda harus bersabar dan melakukan gerakan berulangkali. Senam otak dengan gerakan diagonal ini akan meningkatkan koordinasi penglihatan, pendengaran, kemampuan kinestetik. Sehingga menambah kemampuan mendengar, membaca, menulis dan juga daya ingat si Kecil.

Pernafasan Perut

Ajak si Kecil untuk menaruh tangan di perut dan membuang nafas pendek-pendek. Lalu ambil nafas dalam dan pelan-pelan. Tangan mengikuti gerakan perut waktu mengambil dan membuang nafas. Senam otak ini meningkatkan persediaan oksigen di seluruh tubuh, terutama untuk otak. Gerakan ini terbukti meningkatkan kemampuan membaca dan berbicara.

Putar Kepala (Neck Roll)

Tundukkan kepala ke depan dan pelan-pelan putar dari satu sisi ke sisi lainnya. Tengadahkan kepala ke belakang dan putar lagi ke kiri dan ke kanan. Ulangi dengan bahu di turunkan. Aktivitas ini mudah dilakukan tetapi tetap harus hati-hati. Fungsi gerakan ini untuk meningkatkan pernafasan, menurunkan ketegangan leher otot, dan meningkatkan kegiatan mental tanpa tekanan.

Pijat Kuping

Buka daun kuping keluar, lakukan tiga kali dari atas ke bawah. Jenis senam otak ini untuk membangkitkan mekanisme pendengaran dan memori. Aktivitas ini juga dapat meningkatkan kemampuan mendengar, memori jangka pendek dan kemampuan berpikir secara abstrak.

Bunda bisa menanamkan kebiasaan senam otak secara rutin pada si Kecil. Kegiatan ini dapat membuat anak menjadi lebih cerdas. (dancow.co.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.