Hama Belalang Serang Cemara Udang Hingga Mati

Avatar of PortalMadura.Com
Hama Belalang Serang Cemara Udang Hingga Mati
Cemara Udang

PortalMadura.Com, – Warga Desa Dapenda, Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur diresahkan dengan serangan hama belalang. Ribuan belalang itu menyerang tanaman warga termasuk bonsai cemara udang hingga mati.

“Banyak cemara udang yang mati termasuk bonsai yang sudah siap dijual,” kata Mashudi, warga Dusun Dapenda Timur, Desa Dapenda, Selasa (1/3/2016).

Menurutnya, serangan hama belalang ini membuat daun pepohonan di lingkungan habis dimakannya, bahkan pohonnya pun mati.

“Serangan hama belalang ini pernah terjadi pada lima tahun lalu. Kemungkinan ini serangan hama lima tahunan,” ucapnya.

Serangan hama ini terjadi pada dua pekan terakhir ini. Sebelum menyerang bonsai cemara udang, belalang itu menyerang tanaman yang lain seperti pohon mangga.

“Pohon cemara yang ditanam dikebun pun diserang. Setelah dikebun habis, belalang itu juga menyerang bonsai yang sudah di pot-pot,” tuturnya.

Untuk memusnahkan hama belalang itu, warga setempat mengusirnya dengan menyemprotkan obat-obatan, tapi pengusiran itu tidak membuat hama belalang pindah tempat.

“Kalau yang kena obat, belalang itu mati, tapi datang belalang lain yang jumlahnya lebih banyak,” imbuhnya.

Ia berharap, ada campur tangan pemerintah untuk mengusir hama belalang itu. Sebab, jika dibiarkan tanpa ada solusi, dipastikan cemara udang milik warga akan mati semua.

“Kami minta agar pemerintah mencarikan solusi atas serangan hama belalang terhadap pohon dan cemara udang ini,” harapnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.