PortalMadura.com

Hanya Dua Lokasi, Program Pipanisasi Telan Anggaran Rp 600 Juta

  • Kamis, 17 Agustus 2017 | 19:07
Hanya Dua Lokasi, Program Pipanisasi Telan Anggaran Rp 600 Juta
Ilustrasi

PortalMadura.Com, Pamekasan- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur tahun ini mengadakan program pipanisasi dengan anggaran mencapai Rp 600 juta.

Kepala BPBD Pamekasan, Akmalul Firdaus mengatakan, program pipanisasi itu akan diletakkan di Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan dan Desa Dempo Timur Kecamatan Pasean. Dua lokasi itu memenuhi syarat untuk mendapatkan program pengentasan krisis air bersih dalam jangka panjang tersebut.

“Dua paket itu kurang lebih (anggarannya) Rp 600 juta, jadi masing-masing paket itu sebesar Rp 300 juta, ” terangnya, Kamis (17/8/2017).

Firdaus menambahkan, pihaknya tengah merancang rencana anggaran belanja (RAB) untuk program tersebut. Kemungkinan besar dalam waktu dekat sudah masuk tahap lelang. Sehingga tahun 2017 program tersebut dipastikan sudah bisa dirasakan oleh masyarakat.

Program pipanisasi untuk mengairi rumah-rumah warga dari sumber mata air yang ada di dua lokasi tersebut. Caranya, BPBD akan mencari sumber milik perorangan atau milik desa yang memiliki debit tinggi. Sehingga, kekurangan air bersih yang terjadi setiap musim kemarau bisa teratasi dalam jangka panjang.

“Kalau sumber mata air itu besar bisa mengairi kepada beberapa dusun yang terdampak kekeringan itu. Jadi, pipanisasinya di situ, pipanisasi tersebut volumenya sekitar 2 kilo meter,” pungkasnya. (Marzukiy/har)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional