PortalMadura.com

Hari Ini, Google Doodle Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-88

  • Jumat, 28 Oktober 2016 | 15:00
Hari Ini, Google Doodle Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-88
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bertepatan dengan tanggal 28 Oktober 2106, hari ini Google Doodle merayakan Hari Sumpah Pemuda. Hal ini, terbukti dari logo Google yang dihiasi ilustrasi enam pemuda dan pemudi dari beragam suku di Indonesia, antara lain mengenakan baju adat Jawa, Bali, dan Betawi.

Keenam orang digambar tersebut tampak sedang membacakan kalimat “Satu Tanah Air”, “Satu Bangsa”, dan “Satu Bahasa” yang muncul bergantian di bagian atas doodle.

Setiap kalimat itu merujuk pada ikrar yang diucapkan oleh pemuda dari berbagai suku bangsa Indonesia pada momen Sumpah Pemuda di masa lalu.

Tentu, Google Doodle hari ini merupakan persembahan terhadap peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88. Hari Sumpah Pemuda sendiri diikrarkan pada 28 Oktober 1928 dan menjadi tonggak berdirinya Indonesia.

Sumpah Pemuda merupakan keputusan yang diambil dalam Kongres Pemuda Kedua. Isinya menegaskan pengakuan dan cita-cita akan adanya tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan berbahasa Indonesia.

Namun pada saat itu, ikrar belum dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Istilah Sumpah Pemuda justru baru digunakan pasca-kongres selesai. Berikut ini, isi Sumpah Pemuda berdasarkan putusan kongres tersebut:

1. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia

2. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia

3. Kami poetra dan poetri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

(kompas.com/Salimah)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional