Hari Pertama GG Lakukan Pembelian, Harga Tembakau Sumenep Tembus Rp35 per Kg

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, – Perwakilan Pabrik Rokok PT Gudang Garam (Tbk) Kediri di Geddungan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur melakukan pembelian tembakau rajangan sejak, Senin (5/9/2016).

“Di hari pertama ini, rata-rata kualitas tembakau mencapai Rp35 ribu per kilogram (kg). Kalau jumlah yang masuk berapa? kami belum merekap,” terang Wakil Kuasa Pembelian Tembakau PT di Geddungan, Freddy Kustianto, di Sumenep.

Ia menjelaskan, patokan tahun 2016 lebih tinggi dari tahun 2015. “Tahun lalu harga terendah Rp24 ribu per kg. Sekarang, patokan harga terendah Rp25 ribu per Kg dan tertinggi Rp40 ribu per Kg. Ini patokan harga diawal melakukan pembelian,” terangnya.

Patokan harga tersebut merupakan ketentuan dari pihak manajemen PT Gudang Garam Kediri yang berlaku di Sumenep. “Harganya tentu juga disesuaikan dengan kualitas tembakau para petani. Kalau Gudang Garam, tembakau yang dibeli adalah klasifikasi “Tembakau Gunung”. ujarnya.

Di Sumenep, jenis tembakau lazimnya dibagi tiga, yakni tembakau “gunung” (lokasi penanamannya di dataran agak tinggi), tembakau “tegal” (ditanam di tegal), dan tembakau “sawah” (ditanam di sawah).

Sesuai surat dari manajemen PT Gudang Garam Kediri, kuasa pembelian tembakau di Sumenep diinstruksikan membeli tembakau rajangan pada tahun 2016 ini, sebanyak 1.600 ton. “Target pembelian ini sama dengan tahun sebelumnya,” katanya.

Pada tahun 2015, PT Gudang Garam Kediri di Geddungan, Sumenep, melakukan pembelian hingga melampaui batas tersebut, yakni mencapai 2.002 ton atau melebihi kuota hingga 402 ton.

“Untuk tahun ini, mudah-mudahan cuaca terus membaik. Terus terang, kualitas tembakau tahun ini menurun dari tahun lalu. Kalau tahun kemarin kualitas tembakau mencapai 100 persen, sekarang 60 persen,” katanya membandingkan.(choir/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.