PortalMadura.com

Hasil Investigasi LAPAN, Benda Yang Jatuh di Sumenep Bagian Roket Falcon 9

  • Rabu, 28 September 2016 | 21:23
Hasil Investigasi LAPAN, Benda Yang Jatuh di Sumenep Bagian Roket Falcon 9
TIM LAPAN di Sumenep
Loading...

PortalMadura.Com, Sumenep – Tim Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memastikan jika benda yang jatuh di lima titik di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, bagian dari roket falcon 9.

“Kami memperkirakan benda yang jatuh di Sumenep ini bangian dari Roket Falcon 9, karena lintasan yang berdekatan dengan jatuhnya benda tersebut adalah lintasan Roket Falcon 9 yang diluncurkan dari Amerika pada tanggal 14 Agustus 20016 lalu,” kata Rhorom Priyatikanto, selaku Peneliti Bidang Astronomi dan Astrofisika Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Rabu (28/9/2016).

Said Abdullah

Ia menjelaskan, Roket Falcon 9 digunakan untuk meluncurkan satelit komonikasi milik Negara Jepang pada tanggal 14 Agustus 2016 yang lalu diluncurkan dari Amerika.

“Setelah meluncurkannya, roket bagian atas akan melayang-layang mengelilingi bumi beberapa kali, kemudian karena hambatan atmusfir maka dimungkinkan akan rawan jatuh,” ujarnya.

Menurut ahli roket yang ada di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), tiga drum hitam tersebut kemungkinan besar tangki helium, helium tersebut digunanan sebagai sistem pendingin roket.

“Tetapi masih perlu didalami, karena dari tim LAPAN masih belum ada komunikasi langsung dengan otoritas Roket Falcon 9,” pungkasnya. (Bahri/har)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional