Hasil Tangkapan Ikan Sepi, Nelayan Batang-batang Sumenep Beralih Cari Udang

Avatar of PortalMadura.Com
Hasil Tangkapan Ikan Sepi, Nelayan Batang-batang Sumenep Beralih Cari Udang
Perairan Sumenep

PortalMadura.Com, – Hasil tangkapan ikan di perairan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sepi. Akibatnya, para nelayan di Desa Dapenda, Kecamatan Batang-batang terpaksa harus beralih mencari udang.

“Hasil tangkapan ikan pada sepekan terakhir ini sepi. Biasanya mendapatkan 3 kwintal, tapi sekarang hanya 1 kwintal. Ini disebabkan cuaca buruk,” ungkap salah satu nelayan asal Desa Dapenda, Ramawi, Senin (23/1/2017).

Dengan hasil tangkapan sebanyak itu dipastikan tidak sesuai dengan modal yang dikeluarkan, akibatnya para nelayan harus banting setir pada pekerjaan lain yakni mencari udang.

“Kalau kami diam di rumah atau memaksakan menangkap ikan, tidak akan menambah penghasilan, makanya kami memilih menangkap udang karena menangkap udang yang bisa dilakukan saat ini,” ucapnya.

Ia menegaskan, meski hasil dari menangkap udang tidak terlalu besar, tapi biaya operasional pun juga tidak besar sehingga masih ada sisa atau hasil yang diperolehnya.

“Kalau hanya berpangku tangan di rumah, apa yang mau dimakan, karena kami menyambung hidup dari pekerjaan mencari ikan atau udang di laut,” tuturnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.