Hati-Hati, 5 Bahaya Yang Perlu Diwaspadai Ketika Punya Tubuh Terlalu Kurus

Avatar of PortalMadura.Com
Hati-Hati, 5 Bahaya Yang Perlu Diwaspadai Ketika Punya Tubuh Terlalu Kurus
Ist.Net

PortalMadura.Com – Selama ini, obesitas dianggap memiliki risiko masalah kesehatan yang cukup tinggi dan menjadi sumber berbagai penyakit. Tak hanya sebagai sumber penyakit, obesitas atau kegemukan juga akan mengganggu segala aktivitas harian seseorang.

Padahal sebenarnya, bukan hanya orang yang mempunyai berat badan berlebih saja yang rentan penyakit. Tetapi, berat badan yang terlalu kurus juga berada dalam kesulitan. Walaupun tidak sebanyak penyakit yang bisa disebabkan oleh obesitas, namun terlalu kurus juga bisa membuat orang sakit-sakitan.

Apa saja bahayanya untuk orang yang memiliki tubuh terlalu kurus? berikut ulasannya.

1. Tulang Keropos dan Lemah
Salah satu utama dari tubuh yang terlalu kurus atau bisa dibilang anoreksia adalah tulang menjadi mudah keropos dan lemah.

Study menyebutkan jika seseorang yang memiliki tubuh kurus justru lebih rentan terhadap masalah kepadatan tulang. Hal ini sendiri terjadi karena kurangnya kalsium dan vitamin D di tubuh akibat tubuh kurus.

2. Kesuburan Terganggu
Ketika kamu ingin memiliki kesuburan yang baik atau normal, pastikan bahwa kamu memiliki berat badan ideal. Jangan biarkan tubuh terlalu kurus. Tubuh yang terlalu kurus akan menyebabkan kesuburan terganggu.

Tak hanya itu saja, terlalu kurus juga memicu masalah seksual seperti disfungsi ereksi dan daya tahan tubuh lemah. Sebuah study yang dilakukan pada tahun 2010 mengungkapkan jika seseorang yang terlalu kurus memiliki jumlah sperma yang yang lebih sedikit dibanding mereka yang memiliki berat badan ideal.

3. Depresi
Banyak orang yang ingin mempunyai tubuh kurus agar bisa selalu bugar. Mereka bisa makan apa saja di restoran tanpa perlu khawatir berat badan akan naik. Namun ternyata sebuah penelitian mengungkapkan sesuatu yang mengagetkan.

Sebuah penelitian VU University Amsterdam menemukan bahwa seseorang yang mempunyai badan kurus dan orang yang obesitas sama-sama lebih berisiko mengalami depresi dari pada orang dengan berat badan normal. Bahkan orang dengan BMI rendah, seseorang lebih mungkin untuk menderita gangguan mental.

Penelitian di Swedia juga menunjukkan bahwa lebih dari 1 juta pria yang terlalu kurus lebih besar melakukan percobaan bunuh diri.

4. Gangguan Hati
Ketika tubuh terlalu kurus, bisa jadi tubuh akan memecah organ hati agar pasokan energi tubuh tetap terjaga dan memiliki fungsi normal.

Sementara, kondisi tubuh yang terlalu kurus bisa menyebabkan jantung dan hati menjadi abnormal, karena jantung memompa darah terlalu cepat atau terlalu lambat.

Menurut American Heart Assosiation, jantung dan hati abnormal bisa memicu kerusakan otak hingga paru-paru.

5. Anemia
Dari banyak kasus, orang yang terlalu kurus akan mengalami anemia atau kurang darah. Hal ini sendiri terjadi karena nutrisi pada tubuh kurang. Tak hanya mengalami anemia, tubuh terlalu kurus juga rentan terhadap berbagai serangan penyakit karena daya tahan tubuh yang tak maksimal.

Nah, itu 5 bahaya yang bisa ditimbulkan karena tubuh terlalu kurus. Agar bahaya di atas tidak berisiko pada kamu, pastikan untuk memiliki pola hidup sehat dan selalu menjaga berat badan dalam kondisi ideal. Semoga bermanfaat ya..
(vemale/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.