PortalMadura.com

Hati-hati! Ini 4 Bahaya Mengucek Mata

  • Jumat, 19 Mei 2017 | 09:00
Hati-hati! Ini 4 Bahaya Mengucek Mata
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat mata terasa gatal karena iritasi atau kemasukan debu, secara otomatis sebagian orang akan mengucek-ngucek mata untuk meredakan rasa gatal itu. Bukan hanya sekali, tapi kebiasaan ini bisa terjadi berkali-kali.

Namun tahukah Anda, ternyata kebiasaan ini dapat menimbulkan sejumlah masalah, baik langsung ataupun jangka panjang. Bahkan lebih parahnya lagi dapat menyebabkan kebutaan. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi Anda harus mengetahui terlebih dahulu bahaya-bahaya mengucek mata. Hal ini supaya Anda tidak melakukannya lagi.

Berikut empat bahaya mengucak mata:

Merusak Penglihatan
Mengucek mata terlalu keras membuat Anda tidak dapat melihat apa yang terjadi di hadapan Anda, keadaan ini tentu menjadi lebih buruk. Jika Anda memiliki masalah mata, maka benar-benar menghindari mengucek mata. Penglihatan Anda mungkin menjadi buruk dan saraf bisa rusak, bahkan sampai menyebabkan kebutaan.

Merobek Kornea
Mengucek mata dengan keras bisa merusak kornea dan menyebabkan masalah serius. Terkadang, saat mata Anda kemasukan debu atau benda kecil asing lainnya, seringkali Anda akan langsung mengucek mata. Padahal, cara ini harus dihindari, karena mengucek mata bisa merobek atau menggores kornea.

Iritasi
Terkadang, saat Anda mengucek mata dengan tangan kotor, kuman bisa masuk ke mata dan masalah mulai muncul. Kuman kemudian menyebabkan infeksi, seperti konjungtivitis atau mata merah.

Jadi, setiap kali Anda melepaskan lensa kontak, hati-hati dengan tangan, dan jaga kebersihannya.

Lingkaran Hitam di Bawah Mata
Apakah sering ada lingkaran hitam di bawah mata Anda?. Bagi wanita, lingkaran hitam di bawah mata bisa menjadi masalah bagi kecantikan mereka. Karena itu, perlu menghindari kebiasaan mengucek mata.

Selain itu, kebiasan mengucek mata juga dapat menghancurkan pembuluh darah. (okezone.com/Lala)

Advertisement
Iklan Murah
Loading...
BAZNAS sumenep
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional