Hati-hati, Ini 5 Jenis Makanan yang Tak Dianjurkan untuk Dikonsumsi Sebelum Tidur

Avatar of PortalMadura.com
Hati-hati, Ini 5 Jenis Makanan yang Tak Dianjurkan untuk Dikonsumsi Sebelum Tidur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tentu menyukai aktivitas tidur. Sayangnya, faktor-faktor tertentu dapat mengganggu kualitas tidur seseorang, sehingga membuat mereka mengalami kesulitan tidur atau insomnia.

Namun tahukah Anda, ternyata apa yang Anda makan juga berpengaruh terhadap kualitas tidur?. Pasalnya, makan terlalu dekat dengan waktu tidur memang bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah tidur.

Meskipun Anda tidak dianjurkan untuk makan terlalu dekat dengan waktu tidur, bukan berarti Anda harus tidur dengan rasa lapar. Jika Anda merasa lapar di malam hari, pastikan Anda tahu apa saja yang baik dan buruk dikonsumsi sebelum tidur.

Nah, berikut ini lima jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum tidur:

Stimulan
Stimulan seperti kafein dan gula bisa membuat Anda lebih sulit tidur. Jadi, cobalah untuk mengurangi atau bahkan menghindari kafein atau gula sebelum Anda berencana untuk tidur.

Jangan minum teh atau kopi setidaknya beberapa jam sebelum tidur. Selain itu, Anda juga perlu menghindari rokok dan alkohol sebelum tidur karena keduanya tidak akan membantu Anda untuk tidur.

Makanan Berlemak
Makanan berlemak seperti burger, es krim, atau makanan cepat saji lainnya dapat menghasilkan asam dalam lambung. Bahkan, kandungan lemak stratosfer pada makanan cepat saji dapat menstimulasi produksi asam lambung di perut, sehingga bisa menyebabkan mulas. Hal tersebut tentu dapat mengganggu tidur Anda.

Makanan Pedas
Mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang bisa mengganggu tidur Anda. Hal ini disebabkan oleh capcaisin, bahan aktif dalam cabai yang dapat memengaruhi tidur memalui perubahan suhu tubuh.

Cokelat Gelap (Dark Chocolate)
Cokelat gelap ternyata mengandung kadar kafein yang cukup tinggi dan theobromine yang dapat membuat Anda tetap terjaga di malam hari, terlebih jika Anda sensitif terhadap kafein.

Ayam
Ayam atau jenis protein lain akan menjadi kontraproduktif jika dikonsumsi di malam hari. Makan banyak protein atau ayam sebelum tidur akan membuat pencernaan berjalan lebih lambat, sehingga waktu yang seharusnya Anda gunakan tidur justru akan digunakan untuk mencerna makanan tersebut. (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.