Hati-hati, Ini 5 Jenis Penyakit Akibat dari Stres

Avatar of PortalMadura.com
Hati-hati, Ini 5 Jenis Penyakit Akibat dari Stres
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tentu pernah mengalami . Seiring masalah yang timbul dalam diri mereka, hal itu bisa menjadi pemicu stres. Seperti yang diketahui banyak orang, bahwa stres tidak hanya masalah pikiran dan psikologis saja, tetapi juga bisa memicu masalah pada fisik.

Pasalnya, semakin besar stres yang dihadapi, maka semakin besar pula masalah fisik yang mungkin muncul. Untuk itu, Anda harus pintar mengelola stres agar tidak mengganggu kehidupan Anda.

Berikut lima masalah kesehatan yang bisa jadi efek samping dari stres berat yang sedang Anda alami:

Rambut Rontok
Rata-rata rambut rontok 50-100 helai per hari. Namun jika seseorang mengalami stres berat, jumlah rambut rontok bisa tiga sampai empat kali lebih banyak.

Untuk mengatasi efek ini, pastikan Anda mengonsumsi diet seimbang seperti ikan salmon yang mengandung protein, vitamin D, dan asam lemak omega-3. Walnut dan biji-bijian juga baik untuk mencegah rambut rontok.

Penurunan Libido
Peneliti mengungkap bahwa hormon stres, cortisol, bisa menurunkan libido atau hasrat seksual pada wanita. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan olahraga untuk meningkatkan aliran darah pada daerah intim dan kembali meningkatkan libido. Selain itu, ada cara lain yang lebih baik yaitu cepat mengatasi stres yang Anda rasakan.

Merusak Kulit
Ketika stres, tubuh akan melepaskan hormon seperti cortisol yang bisa meningkatkan produksi minyak tubuh. Hal ini juga bisa memicu masalah kulit seperti eczema. Pada kondisi stres berat, sebaiknya perhatikan perawatan kulit Anda karena kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap kosmetik.

Pikun
Stres bisa membuat orang kehilangan fokus dan mudah pikun. Ini karena hormon stres, cortisol, menurunkan kinerja otak pre-frontal cortex yang berkaitan dengan penyimpanan ingatan jangka pendek.

Stres berat juga bisa menyebabkan kepikunan dalam jangka panjang serta mengganggu proses penyimpanan informasi pada otak Anda.

Nyeri Otot
Stres tampaknya tidak berkaitan dengan nyeri otot. Hal ini salah, sebab stres juga bisa meningkatkan tekanan otot dan memicu nyeri pada otot-otot tubuh Anda. Stres yang berat bisa memicu rasa sakit pada pundak, leher, punggung, dan bahkan pada rahang.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang bisa dipicu oleh stres. Jangan remehkan stres karena jika tidak segera diatasi, stres bisa memicu masalah kesehatan lainnya. Dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin stres juga bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.